PELATIHAN RISET UPAH SEKTOR PULP DAN KERTAS


Pada kehidupan sehari – hari seiring dengan beraktivitas tanpa kita sadari  secara tidak lansung sering mengadakan Riset. Riset tidak hanya terpokus pada bentuk penelitian tetapi dengan mencari tahu sesuatu yang belum kita tahu itu juga termasuk dengan riset. Riset yang baik itu riset yang akurat riset yang melibatkan orang banyak.

Jum`at 15 April 2015 Training Center PT. tanjungenim lestari, korwil Sumatera selatan – Fsp2ki mengadakan pelatihan riset upah sektor pulp dan kertas Indonesia. Tujuan dari pelatihan tersebut bagaimana agar kita dapat mencari data secara akurat, keakuratan data kita dapatkan lansung dari Responden. Keakuratan data faktor yang paling utama hasil ketepatan riset. Hal kedua simulasi: dengan melakukan simulasi lansung bagaimana berhadapan dengan melakukan wawancara lansung dengan responden, dengan begitu responden merasa nyaman untuk memberikan keterangan sesuai dengan yang kita inginkan, dituntuk kepiawaian periset memainkan peranannya.
Dengan buruh dapat melakukan riset upah sektornya masing – masing maka akan lebih memudah membuka benteng perlindungan pengusaha akan keadaan kondisi keuangan perusahaan, dan juga menjadi modal buat pekerja untuk nilai tawar perundingan – perundingan peningkatan kesejahteraan buruh.

Pelatihan tersebut dimotori oleh korwil sumsel yang terdiri dari SpTeL, spsTeL, Sp3TeL dan SpKhut. Sejak awal untuk memudahkan berjalannya riset sudah dibentuk tim periset yang terdiri dari kordinator bidang penelitian dari masing – masing Spa yang terdiri 20 orang dari keseluruhan spa sasaran responden minimamal 65 orang. 
Setelah mendapatkan pelatihan riset ini, maka semakin yakin dan mantap Tim riset untuk melaksanakan misinya dan tehnik riset ini dapat dipergunakan untuk hal – hal lainnya yang berkenan dengan penelitian.