Pelatihan SP3-TEL

Pelatihan sesi.I (Dasar Serikat Pekerja)
Serikat Pekerja Perawatan dan Pelayanan-TeL (SP3-TeL) adalah satu Serikat Pekerja Anggota (SPA) Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (FSP2KI) yang berada di dalam Kordinasi Wilayah FSP2KI Sumatera Selatan. 
SP3-TeL beranggotakan pekerja di PT.Truba Jaya Engineering (T.7160), salah satu perusahaan alih daya/outsourcing yang ada di PT.Tanjungenim Lestari Pulp and Paper.Sejak bulan Mei 2013,SP3-TeL telah melaksanakan pelatihan untuk pengurus dan perwakilan seksi yang ada dalam struktur kepengurusan SP3-TeL. Dalam kegiatan ini,selain pengurus SP3-TeL pihak panitia penyelenggara turut mengundang beberapa pengurus SPA yang ada di dalam kordinasi wilayah FSP2KI Sumatera Selatan.
Pelatihan Sesi Kedua (Negosiasi PKB)
Pelatihan ini dilakukan satu kali dalam satu bulan dan dilakukan selama tiga bulan berturut-turut,dari bulan Mei 2013 sampai dengan Juli 2013 dan dilakukan setiap awal bulan. Pelatihan ini dibagi dalam tiga Sesi Pelatihan,untuk Sesi pertama diadakan pada tanggal 3 Mei 2013 dengan materi Dasar Serikat Pekerja sebagai narasumber yaitu ; Ketua SP3-TeL (M.Ikhsan Prajarani). Untuk sesi kedua diadakan pada tanggal 5 Juni 2013 dengan materi Negosiasi Perjanjian Kerja Bersama sebagai narasumber pelatihan Mangitar Sitorus (Wakil Ketua Serikat Pekerja-PT.TeL). Sedangkan sesi ketiga diadakan pada tanggal 5 Juli 2013,dengan materi Hukum Perburuhan dan sebagai narasumber pelatihan Ashal (Ketua Serikat Pekerja-PT.TeL). Tempat pelatihan, diadakan di sekretariat Serikat Pekerja-PT.TeL
Pelatihan Sesi Ketiag (Hukum Perburuhan)
Konsep pelatihan seperti ini dilakukan untuk menghemat biaya dan juga sebagai bentuk pemberdayaan sumber tenaga pelatih yang ada. Panitia pelatihan berinisiatif untuk memberdayakan beberapa narasumber dari SPA yang ada di KORWIL SUMSEL.Model pelatihan seperti ini,selain dari menghemat dana/biaya juga terjadi proses pembelajaran bagi beberapa pekerja yang dinilai berkompeten dan mempunyai pengalaman dalam organisasi serikat pekerja. Hal ini juga sebagai upaya untuk mempersiapkan pelatih-pelatih yang ada di internal ataupun di wilayah terdekat.
Setelah pelatihan di sesi ketiga,pengurus bidang pendidikan SP3-TeL akan melakukan evaluasi terhadap ketiga pelatihan yang telah dilaksanakan.Tujuan evaluasi tersebut adalah untuk mempelajari materi apa yang akan dipersiapkan untuk pelatihan selanjutnya,serta konsep pelatihan yang berkaitan dengan waktu dan biaya pelatihan…(MIP)