Pelatihan Tim Perunding PKB SP3-TeL – FSP2KI


Kegiatan Pelatihan Internal SP3-TeL di Sumatera Selatan (21/05/2014)

 


Membangun Kekuatan Serikat Pekerja, tidak dapat dilakukan dengan seketika. Ketika serikat pekerja tersebut terbentuk, perlu dilakukan pelatihan dan pembekalan kepada pengurusnya. Ini adalah salah satu program dari pengorganisiran serikat pekerja. Sehingga keberadaan serikat pekerja tersebut tidak hanya ditopang dari luar,tetapi didukung oleh kekuatan internal serikat pekerja itu sendiri.

Pada tanggal 21 Mei 2014, Serikat Pekerja Perawatan dan Pelayanan -TeL (SP3-TeL) mengadakan pelatihan internal bagi pengurus serikat pekerja. SP3-TeL adalah salah satu Serikat Pekerja Anggota Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (FSP2KI) yang ada di Sumatera Selatan. Anggota SP3-TeL terdiri dari pekerja di perusahaan pemborongan pekerjaan PT.Truba Jaya Engineering yang ada di PT.Tanjungenim Lestari.

adapun pelatihan yang dilakukan oleh SP3-TeL pada hari ini adalah seputar Proses penyusunan Perjanjian Kerja Bersama (PKB). Sekitar 10 orang pengurus SP3-TeL hadir dalam pelatihan ini, semua peserta nantinya akan dibentuk sebagai Tim Perunding SP3-TeL. 
Pelatihan ini merupakan bentuk pembekalan yang dilakukan. Rencananya SP3-TeL akan mengadakan perundingan Perjanjian Kerja Bersama dengan pihak perusahaan. PKB ini juga adalah PKB yang pertama kalinya.
Sebagai narasumber dalam pelatihan ini adalah kawan-kawan pengurus Serikat Pekerja PT.Tajungenim Lestari (SPPT-TeL) yang memang sudah berpengalaman dalam merundingkan PKB. Pelatihan ini dibagi dalam dua sesi. Pada sesi pertama materi yang diberikan adalah berkisar mengenai Pengertian PKB,Landasan Hukum PKB dan Proses Penyusunan PKB, yang disampaikan oleh Ashal (pengurus SPPT-TeL). Setelah itu dilanjutkan pada sesi kedua, yang memberikan materi mengenai proses pembentukan PKB, Proses Perundingan PKB dan simulasi praktek perundingan PKB. Sebagai narasumber pada sesi kedua ini, disampaikan oleh Nelson F Saragih, yang menjabat sebagai penasehat di SPPT-TeL dan juga Sekretaris Jenderal FSP2KI.
Dalam sambuatanya, pengurus SP3-TeL menyampaikan rasa terimakasih mereka kepada dua pengurus Serikat Pekerja PT.Tanjungenim Lestari yang telah bersedia membagi pengalaman mereka selama ini dalam melakukan perundingan PKB.
 

Mudah-mudahan dari hasil pelatihan ini pengurus SP3-TeL, sudah dapat menyusun Rencana Tindak Lanjut Proses Penyusunan PKB, dari awal sampai dengan terjadinya penandatangan PKB itu sendiri.

Sumber berita blog SP3-TeL