Pembentukan Komite Pendidikan Bersama

Diskusi Bersam Komite Pendidikan



Hanya serikat yang terdidik yang akan mampu menjalankan amanah organisasi yang dibebankan oleh seluruh anggota….

Berangkat dari semangat itu, maka dalam sebuah diskusi bersama yang diselenggarakan di Karawang (20/7/2013) Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (FSP2KI) Kordinator Wilayah Jawa Barat membentuk Komite Pendidikan Bersama. Komite ini, akan menjadi kepanitiaan bersama dalam menyelenggarakan pendidikan bagi serikat pekerja/serikat buruh (SP/SB).

Tergabung dalam komite pendidikan itu adalah SPM. Plasindo, Serbuk Siamindo, SP3 BMJ, SP. KCI, SPKPD, SP. EKN dengan komando langsung di bawah Pandi Wijaya selaku Divisi Pendidikan FSP2KI. 

“Pendidikan bersama ini, selalu mengajak peserta belajar tentang materi perburuhan juga melatih solidaritas kita sebagai sesama serikat, “ Tegas Pandi Wijaya yang juga Ketua SP. KCI. 
Sementara, Saeful Sadat (Ketua Serbuk SICP), menyambut positif kerja bersama penyelenggaraan pendidikan yang akan dilaunching pada tanggal 24 Juli 2013 yang akan datang dengan narasumber dari LBH Jakarta.Melanjutkan diskusi dengan beberapa serikat terkait dengan PKB dan kasus-kasus, maka dilanjutkan diskusi pendidikan dengan beberapa serikat di luar FSP2KI Jabar. 

Berdasarkan rapat sebelumnya, pendidikan FSP2KI akan melibatkan serikat lain di luar FSP2KI dengan tujuan untuk membangun jaringan dan latihan solidaritas bersama. Maka, kemarin dalam diskusi sudah ditawarkan hal ini dan beberapa SP/SB yang hadir menyatakan antusiaan dan setuju untuk terlibat.Komite pendidikan ini akan mengadakan rapat kembali sesudah lebaran untuk menyusun daftar peserta, persiapan tempat, menyusun kebutuhan pendidikan,dll.


Lembaga Bantuan Hukum Jakarta,sudah memberikan respon positif dan akan mendiskusikan dengan tim di LBH Jakarta. Kita akan merapat ke LBH untuk membicarakan detailnya. Pemilihan LBH Jakarta juga dimaksudkan untuk mengajak LBH dalam tim advokasi kita kelak. 

Sementara, Febionesta, Direktur LBH Jakarta, memberikan dukungan atas pelaksanaan pendidikan ini dengan mengajak seluruh serikat menyusun bersama materi pendidikannya agar tepat guna dan sesuai dengan kondisi objektif masing-masing serikat. H.Hamdani,selaku Presiden FSP2KI, mengkonfirmasi akan hadir dalam acara launching pendidikan ini.


Sementara itu FSP2KI sendiri,ketika Rapat Kordinasi Penyusunan program pendidikan FSP2KI Jawa Barat (10/07/2013) sudah melakukan persiapan untuk melaksanakan program pendidikan bagi pengurus Serikat Pekerja Anggota (SPA) FSP2KI di Jawa Barat. 

Pendidikan ini masih bersifat dasar dengan materi-materi yang dibagi dalam dua materi umum dan satu materi pilihan,seperti : 

1. Pendidikan Keserikatburuhan, meliputi : 

  • Dasar-dasar Serikat Buruh 
  • Administrasi Serikat Buruh 
  • Sejerah gerakan Buruh Indonesia 
  • Manajemen Organisasi

2. Pendidikan Paralegal 

  • Substansi Hukum perburuhan 
  • Sumber Hukum Perburuhan 
  • Sifat Hukum perburuhan 

Selain dua materi yang sudah disebutkan di atas,rencananya dalam pelatihan nanti ada juga materi pilihan mengenai ; Jamsostek, Cuti, Mogok, Upah, PHK, yang disampaikan berdasarkan studi kasus actual di SPA..(KHI)