PEMBENTUKKAN SERIKAT PEKERJA BARU

Korwil Sumsel – FSP2KI membangun jaringan dengan membantu mendirikan serikat pekarja baru.Sabtu, 8/4/2017 Korwil Sumsel – Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Idonesia ( FSP2KI), memberikan ruang pelatihan dasar – dasar serikat ( DDS ) pekerja kepada 30 orang pekerja satpam Badan Jasa Usaha Pengamanan PT. Andalan Anak Bangsa ( PT.AAB ) selaku perusahaaan outsoursing di PT. karya Putra surya Gemilang ( PT. KPSG ) Kab. Pali, Sumatera Selatan dan Satpam PT. PT. GuoHua Energi Musi Makmur Indonesia (GHEMMI) Gunung Raja, di Treaning Center PT. Tanjungenim Lestari Pulp and Paper, Muara Enim.
Satpam PT.ABB yang berjumlah 130 orang, lokasi kerja sepanjang jalur lintas angkutan tambang yang berbatuan melewati pedesaan dan hutan rimba, dari mulai mulut tambang Kab. Lahat sampai dengan Port ( Pelabuhan ) Muara Lematang, Musi, area kerja sepanjang 130 km. Bulan yang lalu dua orang perwakilan dari mereka sebelumnya telah mengunjungi markas Korwil Sumsel – FSP2KI untuk meminta di fasilitasi mendirikan Serikat Pekerja.

Pada hari ini telah terbentuk Serikat Pekerja Jalur Batu Bara ( SP JBB), M said Ali ketua terpilih secara aklamasi sangat antusias mengetahui lebih jauh apa manfaaat berserikat “kami selalu menerima intimidasi dari perusahaan kebijakkan selalu berubah-rubah pemindahan tugas dari satu tempat ketempat lain tidak pernah di bicarakan terlebih dahulu 4 tahun bekerja selalu berpindah – pindah PT tanpa status hubungan kerja yang jelas.
SP Satpam PT GHEMMI-PLTU, Gunung Raja yang selama 4 tahun mati suri tergerak lagi untuk bangkit pra aksi 8 (delapan ) serikat pekerja di PLTU – Gunung Raja, “Kami melihat kegigihan dari kawan – kawan serikat tanpa rasa takut melawan pelanggaran – pelanggran yang di lakukan perusahaan PLTU, Gunung Raja, sebenarnya kami juga di perlakukan serupa oleh perusahaan kerja 8 delapan ) tahun secara terus menerus tanpa di angkat menjadi Pekerja waktu Tidak Tentu (PKWTT)’ imbuh salah satu peserta yang datang pada saaat pelatihan.
Pemateri DDS Joni Sibarani mengatakan “ dengan berserikat tidak menjamin tidak ada intimidasi, tidak ada PHK dan belum tentu sejahtera tetapi serikat pekerja merupakan sarana untuk mencapai itu semua”. M Faturoji Sebagai fasilitator sambil melengkapi Ad/Art mengatakan “jadilah pengurus yang memiliki integritas, serikat pekerja bukan Lembaga Swadaya masyarakat, jadilah SP yang cerdas agar kita tidak di pandang sebelah mata oleh perusahaan.
Pelatihan di akhiri pencerahan Sekjen FSP2ki “jadilah pengurus yang mendahulukan kepentingan anggota, harga mati untuk menjaga amanah anggota. Teruslah bergerak maju, bahwa kawan tidak sendiri”