Pemimpin Baru SPPT – TeL


Muara Enim – Sumatera Selatan, 10 Desember 2014 yang lalu adalah hari bersejarah bagi Serikat Pekerja PT.Tanjungenim Lestari (SPPT-TeL) pasalanya pada hari tersebut telah terpilih pemimpin baru SPPT-TeL yang dilakukan secara demokrasi. Rapat Anggota Tahunan 2015 – 2017 (RAT 2015 – 2017) adalah mekanisme pengambilan keputusan tertinggi di dalam organisasi SPPT-TeL. 


Kegiatan ini diselenggarakan di Graha Medang Restouran yang ada di mill site PT.Tanjungenim Lestari Pulp and paper (PT.TeL PP) di Muara Enim. RAT adalah salah satu agenda rutin yang dilakukan oleh kawan-kawan pengurus SPPT-TeL RAT juga adalah salah satu mekanisme tertinggi dalam pengambilan keputusan di SPPT-TeL
SPPT-TeL adalah salah satu Serikat Pekerja Anggota Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (SPA FSP2KI) yang ada di Kordinator Wilayah (KORWIL) Sumatera Selatan  

Joni Sibarani, sebagai ketua panitia pelaksana RAT menyampaikan mengenai efisien waktu yang mereka lakukan, karena kegiatan ini sangat padat, dimulai dari pembahasan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), pemilihan pengurus (Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris dan Bendahara) dan langsung dilakukan pelantikan pengurus terpilih.

“Menjadi pengurus serikat pekerja jangan pernah berharap lebih, karena menjadi pengurus serikat harus mau bekerja secara sukarela tanpa pamrih. Calon pengurus SPPT-TeL harus memiliki Integritas dan ini adalah syarat mutlak dan tidak bisa ditawar-tawar. Selain memilki integritas tentu saja sebagai pemimpin serikat pekerja, harus juga memiliki kompetensi dan leadership” hal ini disampaikan Ashal saat menyampaikan sambutannya dalam pembukaan RAT SPPT-TEL 2015 – 2017

Sebagai Sekretaris Jenderal FSP2KI Nelson F Saragih menekankan pentingnya solidaritas dalam organisasi buruh. Menurut Nelson “Sebagai bagian dari gerakan buruh nasional SPPT-TeL juga sangat aktif dalam setiap kegiatan-kegiatan solidaritas, yang dilakukan bersama-sama dengan jaringan serikat buruh lainnya. Baik yang berada disekitar PT.Tanjungenim Lestari (PT.TeL), propinsi, nasional dan juga internasional dan ini menunjukan bahwa solidaritas adalah hal yang sangat penting bagi organisasi buruh” 

Dalam pandangannya Nelson menyampaikan bahwa sebagai serikat pekerja SPPT-TeL bukan organisasi yang bertujuan profit, SPPT-TeL adalah organisasi buruh yang lahir dari kebersamaan dan bersifat sosial, tentu saja modal utama SPPT-TeL adalah solidaritas.

Sementara itu Amrodji mewakili manajemen PT.TeL PP berharap kepada pengurus baru nantinya untuk tetap mengedepankan musyawarah dalam penyelesaian permasalah industrial yang terjadi, sehingga akan tercipta sinergi yang baik antara serikat dan perusahaan.

Hadir juga dalam kesempatan ini beberapa perwakilan SPA FSP2KI yang ada dalam Kordinator Wilayah Sumatera Selatan (KORWIL SUMSEL), seperti perwakilan pengurus Serikat Pekerja Perawatan dan Pelayanan-TEL (SP3-TEL) perwakilan Serikat Pekerja Security-PT.TeL (SPS-PT.TeL)

Selain dari SPA FSP2KI KORWIL SUMSEL, hadir juga perwakilan pengurus Serikat Pekerja Transportasi Untuk Kepentingan Sendiri (SP TUKS) yang datang dari Tarahan, Bandar Lampung. SP TUKS beranggotakan pekerja alih daya di PT.Kaliguma. PT.Kaliguma adalah salah satu perusahaan pemborong pekerjaan di pelabuhan milik PT.TeL PP yang ada di Tarahan.

SP TUKS adalah serikat pekerja yang masih baru terbentuk, FSP2KI dan SP TUKS memiliki komitmen yang sama untuk terus membangn serikat pekerja dan terus memperbaiki kondisi-kondisi perburuhan di tempat kerja. 

Terpilihnya pemimpin baru SPPT-TeL menjadi arah baru bagi perjuangan kawan-kawan SPPT-TeL Selanjutnya pengarus baru inilah yang akan meneruskan etape perjuangan pengurus sebelumnya. Tantangan dan rintangan tentu akan selalu ada dan ini akan dapat dilalui bersama dengan membangun kekuatan solidaritas dan dukungan penuh dari anggota.

Akhirnya RAT SPPT-TeL telah berakhir dan telah memilih Noprizal sebagai Ketua, Dadag Pranolo sebagai Wakil Ketua, Joni Sibarani sebagai Sekretaris dan Sugito sebagai Bendahara. Empat orang inilah yang akan memimpin SPPT-TeL untuk dua tahun ke depan. 

Selamat Atas Terpilihnya Pengurus Baru SPPT-TeL priode 2015 – 2017, semoga tetap semangat, berani dan tegas untuk terus berjuang demi kebaikan semua anggota… (mip)