Pendidikan itu Simpul yang Menguatkan

Rencana Launching Pendidikan Dasar FSP2KI, 24 Agustus 2013
Tanpa Pendidikan, Serikat ini hanya segerombolan orang yang bergerak tanpa arah, demikian sebuah ungkapan sangat populer  dalam film perjuangan Serikat Petani Brazil berjudul The Burning Season melalui tokoh utamanya, Chico Mendez, “10 orang yang terdidik, adalah awal perubahan!”
dscn0349
FSP2KI, berencana melaunching pendidikan dasar berdasarkan rekomendasi hasil Rakernas beberapa bulan yang lalu. “Sebagai awal, kita akan melakukan uji coba di Jawa Barat, “ ungkap Sumardi, Wapres FSP2KI. Sementara Pandi Wijaya, selaku ketua Divisi Pendidikan Pimpus FSP2KI menambahkan bahwa pendidikan ini akan dilakukan dalam 4 angkatan selama kurun waktu bulan Agustus – Oktober 2013, bertempat di Karawang. Setiap angkatan akan diikuti oleh sekitar 40-50 peserta dari SPA FSP2KI dan Serikat calon anggota serta kawan-kawan Jaringan lainnya.
 

Awal bulan Juli, sudah dibentuk sebuah Komite pendidikan yang bertugas menjadi panitia kecilnya dan akan bekerja secara lebih efektif pasca cuti liburan. Saeful, Ketua Serbuk (Serikat buruh kerakyatan) PT. Siamindo menyatakan dukungannya dalam komite pendidikan, “ Serbuk akan terlibat, baik sebagai peserta maupun dalam komite pendidikan. Ini momentum membangum kolektivitas”.
 
Pendidikan yang akan dimulai tanggal 24 Agustus 2013, menampilkan narasumer dari LBH Jakarta dan Lembaga Informasi perburuhan Sedane (LIPS). Febionesta, Direktur LBH Jakarta menyatakan kesiapan materi dan fasilitator dari LBH dalam acara tersebut. Sementara, sebagai dasar utama, pendidikan ini akan menampilkan materi dengan modul : pendidikan hukum perburuhan, sejarah gerakan buruh Indonesia dan juga materi dasar-dasar keserikatburuhan.
 
Pendidikan itu layaknya Simpul, dia akan mengikat anggota serikat dalam pemahaman yang sama tentang ideologi perjuangannya dan menguatkan langkah serikat dalam memanifestasikan nila-nilai perjuangan sesuai harapan seluruh anggotanya. (Khamid Istakhori)