PENDIDIKAN NASIONAL FSP2KI

PKB itu sederhana  “kata coordinator project Fsp2ki” ya ! memang PKB itu sederhana Marwahnya bagaimana kita merundingkan sesuatu yang nilainya diatas normative ( yang telah diatur oleh undang – undang ). Hanya saja sebelum melakukan perundingan PKB perlu untuk diketahui dan dicari alasan maupun data  untuk hal – hal yang akan dirundingkan. Untuk memenangkan perundingan dituntut juga kepiawaian  bernegosiasi, daya tempur dan daya bertahan untuk mempertahankan argument. Dari pengalaman yang didapat perundingan PKB itu bisa berjalan sangat alot, waktu yang disediakanpun tak pernah cukup. Ada berbagai macam trik yang dilakukan untuk perundingan PKB, ada yang membahas hal-hal yang ringan dulu, yang perlu pembahasan lebih serius dipending,  untuk dibahas lebih cermat lagi. Ada juga pembahasan PKB secara marathon dalam satu minggu dibahas empat kali tujuannya tidak lain agar mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan. Bagaimanapun caranya itu tergantung dari kedua belah pihak yang di atur di Tatib dan disetiap perusahaan memiliki cara yang berbeda-beda tetapi tetap tujuannya satu yaitu mensejahterakan anggota itu dari sisi serikat.

Korwil Riau FSP2KI, dari mulai tanggal 26-27 September 2015 melakukan pelatihan perundingan PKB, mengapa hal tersebut dilakukan meski terkadang ada sebagian kita telah melakukan perundingan PKB dengan pihak Perusahaan, agar kita dapat mengingat –ingat tahapan atau trik untuk memenangkan perundingan atau juga memberikan pembelajaran bagi yang belum pernah melakukan perundingan PKB tersebut.

Pelatihan diatas di buka oleh salah satu Pimpus Fsp2ki Bidang Pendidikan Agus Rahmanto, Khamid Istakhori  ( coordinator Projec) selaku Pemateri. Pendidikan pelatihan PKB tersebut dilaksanakan di Hotel Unigraha, pangkalan Kerinci, Palalawan. Suasana pelatihan berlansung dengan sangat santai tapi serius yang di hadiri sekitar Tiga puluh peserta, pelatihan ditutup oleh President FSP2KI,  H Hamdani.