PENDIDIKAN ORGANISING

Pendidikan Organisir, 11 Desember 2016 Federasi Srikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia ( FSP2KI ) di laksanakan oleh Korwil Sumatera Selatan ( Korwil Sumsel )tepatnya Muara Enim. Pendidikan tesebut di hadiri 40 orang peserta dari 7 Serikat Pekerja ( SP ) yang ada di wilayah sumatera selatan termasuk serikat pekerja tetangga dari SPA Fserbuk. Pendidkn di buka oleh Sekjen Korwil Sumsel, M. Faturoji.

fb_img_1481464238444

Penidikan di Organising tersebut terdiri dari tiga materi yang saling berkaitan, pertama materi dasar –dasar serikat ( DDS  ) yang menjadi narasumber Joni Sibarani Pimpinan pusat Fsp2ki Bid. Media Propaganda. Materi pendidikan DDS yang disajikan agak berbeda dari materi DDS kebanyakan yang di dapat dari pendidikan DDS sebelumnya, materi yang di sajikan di tulis dengan konsep pemikiran – pemikiran dari arus anggota SP yang paling bawah, peserta yang hadirpun merasakan betul karena konsep materi yang didengar itu pula yang sering  alami dalam ruang lingkup SP.

Materi ke dua tentang Mogok Kerja, disampaikan oleh Dadag Pranolo ( Wakil Ketua Serikat pekerja PT. Tanjungenim Lestari Pulp and Paper ) yang memiliki sertifikasi Industrial Relation Certification  Propram ( IRCP ) Universita Indonesia. Bung Dadag sangat ahli di bidang Mogok kerja dan Outsourching lulus dengan predikat Cumlaude di bidangnya. Materi yang di sampaikan dengan tenang dan sangat jelas, beliau menerangkan banyak mogok kerja yang tidak sah di lakukan oleh para buruh tetapi sejauh ini merasa aman, itu bukan berarti benar! Tetapi, di karena kekuatan massalah yang membuat perusahaan tidak berani melakukan tindakkan balasan.

Materi ke tiga, Organising, yang di sampaikan oleh Sekjen Fsp2ki. Dengan santai tetapi serius, peserta menangkap materi yang di sampaikan dengan cukup jelas karena Sekjen membawakannya dengan sedikit jandaan sesekali menggunakan bahasa daerah. Peserta sangat terhibur dan tidak jenuh. Anggota yang baru di rekrut tidak boleh dilepas, harus diberikan pemah tentang SP, itu tanggung jawab pengurus. Begitu juga dengan SPA yang baru di rekrut oleh Fsp2ki, kami tidak akan membiarkan begitu saja, kami akan tetap mendidik dan mendamping di setiap permasalahan yang dialami SPA. Kita harus menciptakan Regerasi – regenerasi baru permasalahan hubungan Industrial bergerak dinamis untuk itu kita perlu menyiapkan kader – kader penerus.