Pendidikan Paralegal Nasional FSP2KI –LBH Jakarta



Pendidikan Paralegal Nasional Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (FSP2KI) bekerja sama dengan Lembaga Bantuan Hukum Jakarta (LBH Jakarta) akan segera dilaksanakan di Pekan Baru pada tanggal 20-22 November 2014 yang akan datang. Sebanyak 32 peserta dari Serikat pekerja anggota FSP2KI (SPA FSP2KI) yang berasal dari Wilayah Jawa Barat, Riau, Sumatera Selatan dan Jambi akan hadir dalam pelatihan ini.

Tigor Hutapea, pengacara publik dari LBH Jakarta yang akan menjadi salah satu fasilitator pendidikan ini menyatakan bahwa  target jangka pendek dari pendidikan paralegal ini adalah membekali peserta dengan berbagai ketrampilan dan pemahaman hukum sehingga mereka bermanfaat bagi komunitasnya, yaitu serikat buruh. Ke depan, sesudahmelalui tahapan paralegal lanjutan, mereka akan dilantik sebagai paralegal sehingga dapat mendampingi  anggota di pengadilan.


Hamdani, presiden FSP2KI secara terpisah menyatakan bahwa pendidikan ini, dimaksudkan untuk mebentuk tim advokasi yang tangguh bagi SPA FSP2KI dan pada gilirannya akan mendukung program advokasi secara nasional. Advokasi, saat ini masih menjadi pilihan yang banyak di harapkan oleh anggota serikat (khi)