Pengurus Baru Serikat Pekerja Security-PT.Tanjungenim Lestari (SPS-PT.TeL)

Situasi yang santai mewarnai Rapat Akbar SPS-PT.TeL (4/12/2013)
 
Pada hari ini Rabu 4 Desember 2013, Serikat Pekerja Security-PT.TeL (SPS-PT.TeL) melakukan Rapat Akbar. Rapat Akbar sebagai bentuk pelaksanaan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) SPS-PT.TeL yang merupakan panduan bagi pengurus dan anggota SPS-PT.TeL dalam menjalankan roda organisasi pekerja.

Sekitar 100 orang pekerja, anggota SPS-PT.TeL berkumpul bersama di Ruang Gedung Olah Raga PT.TeL (GOR PT.TeL). Kumpulnya kawan-kawan security ini adalah sebagai bentuk konsolidasi organisasi dalam melaksanakan dan menjalankan amanah yang ada di dalam AD/ART SPS-PT.TeL.

Dalam Rapat Akbar ini menghasilkan kepengurusan SPS-PT.TeL yang baru, mengingat sudah selesainya masa bakti pengurus SPS-PT.TeL priode 2012-2013. Melalui proses yang demokratis,maka seluruh peserta Rapat Akbar sepakat memilih Sarahim sebagai Ketua SPS-PT.TeL menggantikan M.Arief dan Darwin sebagai Sekretaris menggantikan Heriyanto.
Dalam sambutan awal disampaikan oleh Darwin (Ketua Panitia Rapat Akbar) mengungkapkan “masih menemui beberapa kendala, tetapi semuanya ini dapat terselesaikan dan hari ini (4/12/2013) Rapat Akbar telah dilaksanakan”
Selain sambutan dari Ketua Panitia Rapat Akbar, selanjutnya M.Arif sebagai Ketua SPS-PT.TeL priode 2012-2013, menyampaikan beberapa pesan kepada pengurus yang akan terpilih nanti. Semoga pengurus yang baru nanti dapat lebih meningkatkan dan menghasilkan kinerja organisasi yang lebih baik lagi.

“Tugas dan tanggung jawab pengurus baru akan semakin berat karena pada tahun 2014 kontrak kerja antara PT.Tangkas sebagai Badan Usaha Jasa Pengamanan di PT.TeL akan berakhir. Tetapi SPS-PT.TeL telah membuat kesepakatan dengan manajemen PT.TeL, dan ini adalah suatu kemenangan kecil bagi SPS-PT.TeL dan tetap harus dipertahankan” Ujar M.Arief yang disampaikan dalam sambutannya,

Pada kesempatan ini hadir juga dua Pimpinan Pusat Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (FSP2KI), yaitu ; Nelson F Saragih (Sekretaris Jenderal) dan Ikhsan Prajarani (BIdang Kampanye dan Propaganda FSP2KI). SPS-PT.TeL adalah salah satu Serikat Pekerja Anggota (SPA) FSP2KI yang ada di dalam Kordinasi Wilayah Sumatera Selatan.

Dalam sambutannya Nelson F Saragih menyampaikan bahwa “Kondisi dan Situasi Perburuhan sekarang ini sedang tidak menentu, khususnya pekerja alih daya (outsourcing),pasca disahkannya Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 19 tahun 2012 tentang Syarat-syarat Penyerahan Sebagian Pelaksanaan Pekerjaan Pada Perusahaan Lain atau lebih dikenal dengan istilah aturan outsourcing”

Dalam sambutannya Sekretaris Jenderal FSP2KI,menyampaiakan bahwa “dilingkungan PT.Tanjungenim Lestari (PT.TeL) sendiri,masih banyak kondisi dan status hubungan kerja yang tidak layak,seperti kontrak kerja dalam waktu yang singkat (per 4 bulan),padahal pekerjaan tersebut terus menerus dilaksanakan” 
“Kondisi seperti ini dialami oleh kawan-kawan PT.Inti Bumi Mas (PT.IBM) yang melaksanakan pekerjaan kelistrikan di dalam mill PT.TeL, selain itu masih ada lagi beberapa kondisi kerja yang tidak layak di PT.TeL ini” tambah Sekjend FSP2KI. 
Selain itu dalam sambutannya Sekretaris Jenderal FSP2KI menyampaiakan apresiasi kepada SPS-PT.TeL yang telah memberikan inspirasi bagi pekerja security yang telah berani untuk memperjuangakan hak azazinya dalam hal kebebasan berserikat. Dibeberapa perusahaan di luar PT.TeL, para security dilarang untuk mendidirkan serikat pekerja. Pengalaman kawan-kawan SPS-PT.TeL ini tentu dapat memberikan pengaruh dan inspirasi bagi pekerja security diperusahaan lain.
Diakhir sambutannya SEKJEND FSP2KI menyampaikan bahwa “hari ini saatnya SPS-PT.TeL bergerak ke arah tujuan yang menjadi target perjuangan serikat pekerja” Selamat melaksanakan rapat akbar,semoga menghasilkan pengurus-pengurus baru yang lebih baik lagi..(MIP)