PENTINGNYA PENGETAHUAN MEMBACA LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN

Apa yang terpikir bagi kita ketika mendengar kata “laporan keuangan” ada yang berpendapat susah, pelik, rumit, akuntansi, angka dll. Memang benar, bebicara angka sama dengan matematika.
IndustriAll memfasilitasi keinginan anggota serikat pekerja untukmemberikan pemahaman tentang membaca laporan keuangan, fungsi pengetahuai itu untuk apa ? sebagai pressure perundingan kenaikan upah, dengan mengetahui laba, ruginya perusahaan minimal membuat pihak perusahaan tidak dapat lagi berkelit mengatakan rugi. Apakah hal tersebut berhasil ? ada banyak serikat telah melakukan hal tersebut sejauh ini ada yang berhasil.

14368911_1500966139919900_4216823947536938898_n

Pengertian laporan keuangan adalah suatu laporan yang berisikan informasi yang mengindenifikasikan , mencatat dan mengkomunikasikan peristiwa – peistiwa seputar ekonomi yang diterbitkan oleh perusahaan dari hasil proses akuntansi agar bisa menginformasikan keuangannya dengan pihak dalam maupun pihak luar.

Mengapa laporan keuangan harus dibuat, antara lain: memberikan informasi yang menyangkut keuangan, kinerja, dan posisi keuangan, disusun sebagai kebutuhan bersama dari pemakainya, sebagai laporan pertanggungjawaban atas sumber daya yang diberikan oleh suatu perusahaan terhadap perusahaan yang sedang dikelola

IndustriAll memfasilitasi Serikat pekerja untukmemberikan pemahaman tentang cara membaca laporan keuangan, ada sekitar 8 Federasi yang hadir dari 38 peserta yagdiselenggarakan di Narita hotel, Tanggerang. Federsi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (FSP2KI) mengirim 3 orang delegasinya.

Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan RI, No.525/MPP/Kep/XI/1998.
Pelayanan Informasin keuangan tahunan, pasal 12, ayat 1.
LKTP yang telah didaftarkan merupakan sumber informasi resmi mengenai Keuangan Tahunan Perusahaan, bersifat terbuka dan dapat diberikan kepada masyarakat.Untuk mendapatkan informasi atas dasar permintaan dan dipungut biaya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.