Perjuangan Upah 2015 di Karawang



Akhir tahun, merupakan masa yang paling sibuk bagi serikat pekerja dan anggotanya, sebab pada momentum inilah upah untuk setahun ke depan ditetapkan oleh Dewan Pengupahan. Dewan pengupahan yang terdiri dari unsur perwakilan serikat pekerja, asosiasi pengusaha dan pemerintah melakukan sidang untuk menetapkan besaran upah untuk periode setahun ke depan.

Sebagai kota industri, Karawang merupakan salah satu kabupaten yang dinamis dalam pergerakan memperjuangkan upah sehingga dinamika perjuangan upah selalu melibatkan ribuan anggota dari berbagai serikat, berbagai federasi dan lintah perusahaan dari bermacam-macam sektor. Serikat pekerja Kertas PT. Pindo Deli (SPK PD FSP2KI), bersama dengan berbagai aliansi di Karawang menggelar aksi untuk mendesakkan tuntutan upah yang lebih baik (19/11/2014)

Sektor kertas, masuk dalam sektor Upah Minimum Kelompok Usaha – 2 (UMKU – 2) sehingga mendapatkan kenaikan yang cukup signifikan. Sektor ini, merupakan sektor unggulan dengan prospek bisnis yang besar sehingga selayaknya pekerja mendapatkan upah yang layak. Sampai berita ini ditulis, perjuangan upah masih berlangsung dimana pekerja menuntut upah sebesar 3,6 juta rupiah.