• Home »
  • AKSI »
  • PERLAWANAN BURUH PT. LANCARJAYA MANDIRI ABADI – PLTU GUNUNG RAJA TOLAK MUTASI

PERLAWANAN BURUH PT. LANCARJAYA MANDIRI ABADI – PLTU GUNUNG RAJA TOLAK MUTASI

Jumat,31 Maret 2017, sama sekali tidak ada aktivitas pekerja berhenti bekerja dan mendirikan posko perlawanan tepat di lokasi kerja sebagai bentuk protes di keluarkannya surat mutasi oleh perusahaan. 8 serikat di gunung Raja kemudian mengadakan konsolidasi.

IMG-20170401-WA0005

Buntut dari tuntutan hak normatif 8 serikat pekerja PLTU di Gunung Raja pada 29 Maret 2017, PT. Lancar Jaya Mandiri Abadi (LMA) yang bergerak bidang transportasi angkutan batu bara, salah satu anak perusahaan PT. GuoHua Energi Musi Makmur Indonesia (GHEMMI) melancarkan serangan balasan.

PT LMA mengabaikan aturan perundang – undangan, terutama UUK pasal 32, No.13 tahun 2003 melakukan mutasi 72 pekerjanya ke 2 lokasi yaitu ke Jakabaring (Palembang) dan ke proyek di Lampung. Mutasi ini, dilakukan secara sepihak tanpa merundingkannya dengan SP berkaitan dengan mutasi dan dampaknya.

Perusahaan tidak memberikan alasan yang logika dari keputusan mutasi yang di keluarkannya hanya mementingkan kebutuhannya sepihak. Pekerja di PT LMA rata – rata telah 4 tahun bekerja tanpa status hubungan kerja yang jelas. “Kontrak kami setahun – setahun di perpanjang dengan status pekerja kontrak setelah kami tahu pekerjaan yang terus menerus dan bukan musimam seharusnya status kami menjadi Pekerja Waktu Tidak Tertentu” ujar M.Farid, sekjen Korwil Fserbuk Sumsel.

Akhir dari perlawanan dan tekanan yang di lakukan SP. LMA dan solidaritas dari 7 serikat pekerja lainnya yang sama – sama anak perusahaan PT. GHEMMI, perusahaan kemudian menawarkan perundingan yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu (01/1).

kami tidak mau melakukan semua ini tetapi perusahaan mengajari kami untuk melawan. Belajar dari itu semua, perlawanan harus di lakukan untuk TOLAK MUTASI.
Lalu kami katakan dengan mata yang juga melotot penuh keberanian : Kami, akan selalu melakukan ini, dengan atau tanpa pemberitahuan kalian !