PERLINDUNGAN HAK PEKERJA PEREMPUAN

MEDIA FSP2KI – Minggu, 23/08/15 (Perlindungan Hak – hak pekerja perempuan di dalam perusahaan.) diadakan di HPPM Honda purwakarta, Jawa barat. Dihadirin oleh 11 Federasi.       Acara ini diadakan untuk pekerja perempuan, untuk mengetahui hak hak nya terutama dalam hal hak CUTI HAID dan juga perlindungan didalam pengambilan cuti melahirkan, sebelum dan sesudah melahirkan. Pada saat yang sama juga dilakukan sharing antara federasi yg hadir, shearing saat itu memberikan pelatihan dan pembekalan untuk memperdalam pembuatan PKB bagi SPA yg masa berlaku PKB nya atau yang akan berakhir/habis. Industri All menyampaikan pesan yang telah tertuang dalam ratifikasi ILO no 183 tentang  hak cuti melahirkan dari 12 minggu menjadi 14 minggu agar dituangkan ketika melakukan perundingan PKB. Ini harus dijalankan oleh semua perusahaan tidak ada lagi harga tawar untuk hak yang telah dituangkan dalam Undang – undang.Untuk itu ditekankan kepada seluruh pengurus organisasi serikat pekerja untuk tidak lupa dari 12 menjadi 14 minggu hak cuti melahirkan.Dari pembekalan yg diberikan oleh Industrie all  diharapkan dapat menjadi gagasan atau masukan untuk dapat menjalankan hak – hak buruh perempuan.

Satu hal lagi masih banyak manajemen perusahaan di Indonesia ini secara tidak lansung tidak mengakui hak – hak perempuan, semisalnya dengan melakukan check fisik Haid. Undang – undang 13 tahun 2003 telah menetapkan hak atas cuti haid diberikan 2 hari, meskipun hal tersebut telah tertulis atas hak tetapi pelaksanaannya madis banyak unsur ketidak percayaan terhadap pekerja perempuan yang akan mengambil hak cuti haidnya. Lazimkan dengan melakukan pemeriksaan pada bagian organ sensitif atas dasar pembuktian ? Tidak cukupkan dengan surat pernyataan Dokter untuk meyakinkan pengusaha ? Negeri kita memang aneh yang sudah menjadi hak yang dituangkan dalam sebuah tulisan ysitu undang – undang masih saja di pertayakan.

Fsp2ki melalui srikandi – srikandi pejuang buruh tetap memperjuangkan hak – hak kaum buruh perempuan. Perwakilan yg  hadir  dari Fsp2ki adalah ibu Sujana Purba . Tri Gusida dan juga perwakilan dari calon SPA baru dari DCK yaitu Ibu Badria. Ibu Nani . ibu Atem.

FSP2KI yang berafliasi ke Industri All selalu membawa perubahan – perubahan baru yang memperjuangkan hak kaum perempuan, kita tidak boleh mengabaikan hak gender karena kaum perempuan berperan sangat penting dalam membangun kemasyuran dunia, coba bayangkan bila hak – hak kaum perempuan terabaikan, tertindas atau termaginalkan padahal kita tahu dari rahim seorang perempuanlah pemimpin di seluruh dunia ada, apakah layak mereka ditindas yang penindasnya juga lahir dari rahim perempuan.