Persiapan Pelatihan Fasilitator FSP2KI SUMSEL



Muara Enim –  Perubahan terus terjadi pada bidang perburuhan karena itulah serikat pekerja perlu terus mengembangkan proses belajar-mengajar untuk tetap dapat memenuhi kebutuhan anggotanya sesuai dengan perkembangan jaman.

Salah satu yang diperlukan dalam pengembangan proses belajar-mengajar adalah tersedianya tenaga  Fasilitaor Pelatihan, yaitu orang yang memfasilitasi proses belajar-mengajar  mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Fasilitator mengelola pelatihan dengan membuat perencanaan pelatihan, menyiapkan ke-butuhan yang diperlukan dalam pelatihan, memastikan keefisienan waktu pelatihan, memantau jalannya pelatihan dan kemajuan tiap peserta.

Pada 8 Agustus 2014 yang lalu, bertempat di Sekretariat Serikat Pekerja PT.Tanjungenim Lestari (SPPT-TeL) beberapa perwakilan pengurus Serikat Pekerja Anggota Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (SPA FSP2KI), melakukan rapat kordinasi persiapan pelatihan fasilitator untuk pengurus SPA FSP2KI Sumatera Selatan. Adapun SPA yang hadir terdiri dari ; pengurus Serikat Pekerja Security-PT.TeL (SPS-PT.TeL), pengurus Serikat Pekerja Perawatan dan Pelayanan-TEL (SP3-TEL) dan pengurus SPPT-TeL.
Rencananya pelatihan ini akan diselenggarakan pada 20-21 September 2014. Berdasarkan kesepakatan semua peserta, untuk tempat pelatihan akan dilaksanakan di Pagar Alam Sumatera Selatan. Sebelum membahas kerangka acuan untuk pelatihan tersebut. Nelson F Saragih (Sekjend FSP2KI) sedikit memberikan penjelasan dan pemahaman apa itu Kerangka Acuan. Sebagai panitia pelaksana pelatihan ini, FSP2KI SUMSEL mempercayakan kawan-kawan SPS-PT.TeL sebagai organizing pelatihan (panitia pelaksana). Ketua Panitia pelatihan kali ini dipegang langsung oleh Ketua SPS-PT.TeL

Menurut Nelson, “sebelum masuk ke pembahasan persiapan pelatihan alangkah lebih baik peserta rapat menyamakan dahulu pandangan dan pemahaman tentang dan apa itu kerangka acuan”
Sebagai panitia pelaksana pelatihan ini, FSP2KI SUMSEL mempercayakan kawan-kawan SPS-PT.TeL sebagai organizing pelatihan (panitia pelaksana). Ketua Panitia pelatihan kali ini dipegang langsung oleh Ketua SPS-PT.TeL…(mip)