PERUNDINGAN PKB tahap ke II SP2RL

Media-FSP2KI.Serikat Pekerja perjuangan rimba Lestari ( SP2RL ) Memainkan perannya dalam mensejahterakan anggota dengan membuat Perjanjian Kerja Bersama (PKB), apalagi PKB yang mereka lakukan adalah PKB kali keduanya setelah terjadi perpanjangan setahun. UU 13 tahun 2013 pasal 123 Ayt 1 : Masa berlakunya perjanjian kerja bersama paling lama satu tahun.  Ayt 2 : Perjanjian kerja bersama sebagai mana dimaksud dalam ayat 1 dapat diperpanjang masa berlakunya paling lama satu tahun berdasarkan kesepakatan tertulis antara pengusaha dengan serikat pekerja/serikat buruh. Memaaang adakalanya PKB yang ada harus diperpanjang bias dikarenakan tidak sepakatnya kedua belah pihak atau karena adanya kesibukan lain.nah,, yang menjadi pertanyaannya bagaimana kalau telah terjadi perpanjangan satu tahun,ditahun ketiga memasuki tahun keempat apakah PKB itu akan hilang atau kembali dari nol lagi,,,? Mungkinkah pihak perusahaan akan memanfaatkan kesempatan itu ,,? Dikarenakan pasal untuk menjamin tidak akan kembali ke nol atau dasar tidak ada. UU 13 tahun 2013 hanya mengatur pasal 25 ayt 1 point a.Serikat pekerja/serikat buruh,federasi dan konfederasi serikat pekerja/serikat buruh yang telah mempunyai nomor bukti pencatatan berhal : Membuat perjanjian kerja bersama dengan pengusaha,
Pada kesempatan pertukaran Draf PKB SP2RL dan PT.Sumatera Riang Lestari pada tanggal 29 juni 2015,bertempat di kantor SOLA GRATIA no 333,Tanjung, Rhu Pakanbaru. Dari pihak Pengurus serikat dihadiri oleh 5 orang antara lain : Endri Wahyudi (Ketua), Wawan Gunawan (Sekjen),M.Ekawijaya,Irwan dan Imam Cholic Utomo. Adapun dari Pihak Pengusaha atau management PT.SRL adalah : Jajang Suherlan (Direktur PT.SRL), The Beng Han/Johan ( Manager HRD), Hendra Panjaitan IR/ER, Janter Simanjuntak, Eka DP,Hotmaringan dan Fadli Yunus.
SP2RL melakukan draf perubahan PKB lama melebihi 40%,point-point yang menjadi prioritas terletak di pasal-pasal kesejahteraan, ada juga aturan jam kerja yang selama ini dilakukan jam kerja normal dari mulai jam 08;00 s/d 17;00 (General),mereka melakukan tuntutan perubahan pada PKB nya menjadi 3 minggu kerja 1 minggu libur. Ada juga yang menjadi tuntutan lain yaitu tunjang rumah dan Tunjangan hutan/manda.
Mengapa kiita butuh PKB ? karena kita sebagai pengurus serikat menginginkan agar anggota lebih terjamin kesejahteraannya ,kalaulah harus mengikuti UU yang ada tidak perlu lagi kita melakukan perundingan PKB. Yang menjadi semakin jelas tidak ada PKB kalau tidak ada Serikat.