PKB Perdana SP EKN


Serikat Pekerja Esa Kertas Nusantara (SPEKN), adalah salah satu Serikat Pekerja Anggota Federasi Serikat Pekerja Pulp Kertas Indonesia (FSP2KI) yang ada Karawang-Jawa Barat. Pada tanggal 24 Mei 2012 dimulai perundingan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) dan merupakan PKB SPEKN yang pertama kali di PT.Esa Kertas Nusantara. 

 

Menurut informasi yang kami terima dari Maman Ali Usman (Ketua SPEKN) “Perundingan ini dimulai sejak tanggal 24 Mei 2012 sampai 26 April 2013. Artinya perundingan ini sudah berjalan selama 1 tahun lebih.Pada 26 Agustus 2013,PKB ini telah ditanda tangani oleh kedua belah pihak dan pada tanggal 6 September 2013,telah didaftarkan pada Kantor Kementrian Tenaga Kerja di Jakarta”
Tim perunding dari SPEKN,terdiri dari : Maman Ali Usman,Agus Munawar,Deni Mulyadi,Fredy Hidayatulloh,Sad Joe Widhiana,Zaenal Hariri,Ijang Saepudin dan Ridwan. Sedangkan dari Management PT.EKN diwakili oleh : Omar Merauke, Herwono,Mundakir,Sukirno, Omar Uzzman,Yoni Suteja dan Ambar. Perundingan ini sendiri dilakukan di dalam lokasi perusahaan PT.EKN dan bertempat di ruang meeting PM Lt.2
 


Dalam PKB ini,salah satu isi yang dicapai adalah, adanya perlindungan/jaminan berserikat,dispensasi bagi pengurus untuk melaksanakan kegiatan serikat pekerja,bantuan untuk pemotongan iuran oleh perusahaan(Chek Of System),pengakuan serikat dari perusahaan,penambahan hari cuti,bantuan duka cita dari  perusahaan,dsb.
Beberapa yang belum disepakati dalam PB (Perjanjian Bersama) dan terikat dengan PKB yaitu masalah-masalah nominal yang ada pada : Tunjangan uang makan, Tunjangan transport, Tunjangan masa kerja,Uang pisah,dan Fasilitas kesejahteraan sosial seperti ;rekreasi,sarana dan prasarana olahraga,Tunjangan premium.
Akhirnya seluruh keluarga besar FSP2KI mengucapkan Selamat Kepada seluruh pengurus dan anggota SPEKN, semoga kelak dihasilkan PKB yang lebih baik lagi..(MIP)