Praktek Menjadi Fasilitator Pelatihan

Pada 15 Oktober 2014 yang lalu bertempat di sekretariat Serikat Pekerja Security-PT.TEL (SPS-PT.TEL) beberapa anggota dari dua Serikat Pekerja Anggota Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (SPA FSP2KI) di Sumatera Selatan mengikuti pelatihan Pengenalan Serikat Pekerja. Jumlah peserta seluruhanya adalan 19 orang yang berasal dari Serikat Pekerja Perawatan dan Pelayanan-TEL (SP3-TEL) dan SPS-PT.TEL

Pelatihan pengenalan serikat pekerja ini merupakan hasil atau buah dari Pendidikan Fasilitator Pelatihan FSP2KI Sumatera Selatan pada tanggal 20 – 21 September 2014 yang baru berlalu. Di depan anggota SP3-TEL dan SPS-PT.TEL, Ikhsan Prajarani (Ketua SP3-TEL) dan Rusmalahati (Bendahara SPS-PT.TEL) yang tergabung dalam kelompok 1 Hidup Buruh mempraktekan pengetahuan yang mereka peroleh selama mengikuti pendidikan fasilitator pelatihan yang dilaksanakan pada bulan September 2014 yang lalu. Bukan hanya Rusmalahati dan Ikhsan yang akan melakukan praktek fasilitasi ini, masih ada 12 kelompok lagi yang bersiap-siap untuk melakukan praktek fasilitasi.
Pelatihan ini merupakan tugas wajib bagi pengurus SPA FSP2KI yang telah mengiktui Pendidikan Fasilitator FSP2KI di Pagar Alam, Sumatera Selatan. Diharapkan nantinya akan tumbuh fasilitator-fasilitator baru yang dapat memfasilitasi berbagai pelatihan-pelatihan di SPA FSP2KI yang ada di Sumatera Selatan, bahkan jika dibutuhkan dapat juga memfasilitasi berbagai pelatihan-pelatihan di wilayah lainnya. Inilah yang menjadi tujuan FSP2KI menyelenggarakan pendidikan fasilitator. Program pendidikan fasiliotator ini merupakan program baru yang diluncurkan oleh FSP2KI pada tahun ini.
Menurut sambutan yang disampaikan oleh Nelson F Saragih (Sekretaris Jenderal FSP2KI) “menjadi fasilitator, tidaklah dapat dilakukan dengan seketika menjadi bisa, tetapi seperti belajar naik sepeda. Yang paling penting adalah bagaimana menumbuhkan rasa percaya  diri, untuk itu diperlukan persiapan-persiapan, karena rasa percaya diri tidak akan datang dengan sendirinya dari langit”
Pengetahuan yang diperoleh selama mengikuti pendidikan fasilitator dapat menjadi bekal bagi kawan-kawan pengurus SPA FSP2KI Sumatera Selatan untuk memberikan pembelajaran di serikatnya masing-masing, agar tujuan organisasi dapat tercapai.…(mip)