RAKERNAS FSP2KI 2013

Peserta RAKERNAS FSP2KI 2013
Pada 22-23 Juni 2013, Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (FSP2KI) telah melaksanakan Rapat Kerja Nasional FSP2KI (RAKERNAS FSP2KI) yang bertempat di Hotel Image Jalan Lengkong Besar Bandung-Jawa Barat.

Pembukaan RAKERNAS ini dilaksanakan pada 22 Juni 2013 pukul 14.00 WIB, selain dari SPA, PIMPUS,KORWIL dan Internal Auditor yang merupakan element FSP2KI, RAKERNAS ini dihadiri juga oleh tamu undangan dari FSP2KI,yaitu ; Bapak Ir. H.Misbahul Huda (Ketua ASOSIASI PULP dan KERTAS INDONESIA) dan Bapak Heru Widianto.SE.MM (mewakili Menteri Tenaga Kerja Republik Indondonesia). RAKERNAS ini dibuka secara langsung oleh Bapak Heru Widianto.

RAKERNAS ini di hadiri oleh ; Pimpinan pusat FSP2KI,KORWIL,Internal Auditor dan pengurus Serikat Pekerja Anggota FSP2KI (Ketua dan Sekretaris). Sedang SPA yang hadir dalam RAKERNAS ini berjumlah 14 SPA dari 201 SPA,yang terdiri dari : 

  1. Serikat Pekerja Kimberly Clark (SPKCI)
  2. Serikat Pekerja-PT.TEL (SPPT-TEL)
  3. Serikat Pekerja Unigraha
  4. Serikat Pekerja Perjuangan 
  5. Serikat Pekerja Security-PT.TeL
  6. Serikat Pekerja Kertas Letces (SPKL)
  7. Serikat Pekerja Esa Kertas Nusantara (SP EKN)
  8. Serikat Pekerja PTSI
  9. Serikat Pekerja Kertas Pindo Deli
  10. Serikat Pekerja Perawatan dan Pelayanan-TeL (SP3-TeL)
  11. Serikat Pekerja Riau Pulp
  12. Serikat Pekerja Riau Paper
  13. Serikat Pekerja Riau Power
  14. Serikat Pekerja Perjuangan Rimba Lestari (SP2RL)
Secara umumnya agenda pembahasan dalam RAKERNAS FSP2KI adalah ada empat agenda pembahasan, terdiri dari :
  1. Pembahasan masalah isu perburuhan di Propinsi dan Nasional
  2. Pembahasan afiliasi dan kerja sama FSP2KI baik di tingkat nasional maupun internasional
  3. Evaluasi dan Pembahasan program kerja
  4. Menetapkan RAPBO
RAKERNAS diadakan satu kali dalam satu tahun dan dihadiri oleh 2/3 serikat pekerja anggota FSP2KI. Dasar untuk melaksanakan agenda RAKERNAS ini adalah Anggaran Dasar FSP2KI Pasal 25 ayat 2 yang menyatakan Rapat-rapat yang ada dalam sistim FSP2KI. Untuk menentukan Rencana Anggaran dan Pendapatan Belanja Organisasi (RAPBO) FSP2KI dapat menetapkan RAPBO dalam RAKERNAS. 
Hasil dari RAKERNAS FSP2KI tahun 2013 menjadi program kerja yang harus dilaksanakan oleh Pimpinan Pusat FSP2KI.
Selain dari kegiatan RAKERNAS FSP2KI, dalam kesempatan ini FSP2KI juga menyelenggarakan Pelatihan bagi pengurus serikat pekerja yang berkesempatan hadir dalam RAKERNAS tersebut.

Adapun materi yang disampaikan dalam pelatihan ini adalah Perencanaan Strategis Bagi Serikat Pekerja yang disampaikan oleh Tomi Tobing dari Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI).