RAKERNAS FSP2KI Ke III



Pada 21 Februari 2015 sampai dengan 22 Februari 2015, Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (FSP2KI) telah menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) yang Ke III. RAKERNAS ini diselenggarakan di Balai Pelatihan Kesehatan (BAPELKES) milik Dinas Kesehatan Pekanbaru, Riau.

Peserta RAKERNAS adalah utusan atau delegasi Serikat Pekerja Anggota (SPA) FSP2KI. Pada RAKERNAS kali ini hanya dihadiri oleh sembilan SPA dari dua puluh satu SPA. Peserta yang hadir datang dari wilayah Riau, Jawa Barat dan Sumatera Selatan. Sementara itu beberapa SPA lainnya tidak dapat hadir.
Dalam sambutannya, presiden FSP2KI mengajak semua elemen yang ada di FSP2KI untuk terus membangun kebersamaan dan solidaritas, sebagai kunci kekuatan FSP2KI. pada kesempatan kali ini, Khamid istakhori menyampaikan presentasinya mengenai Prospek Industri pulp dan kertas di Indonesia dan Dinamika Perburuhan Nasional.
Adapun SPA yang hadir dalam RAKERNAS tersebut adalah ; Serikat Pekerja Riau Pulp, Serikat Pekerja Riau Kertas, Serikat Pekerja Kertas Pindo Deli, Serikat Pekerja PT.Tanjungenim Lestari, Serikat Pekerja Riau Power, Serikat Pekerja Kimberlyclark Indonesia, Serikat Pekerja Perawatan dan Pelayanan-TEL, Serikat Pekerja Perjuangan Rimba Lestari dan Serikat Pekerja PT.Peptec Indonesia.
Berdasarkan pasal 9 Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga FSP2KI, tujuan RAKERNAS adalah untuk membahas pelaksanaan program kerja satu tahun (program kerja tahun 2014), membahas isu-isu ketenagakerjaan yang ada ditingkat nasional atau propinsi dan beberapa permasalahan yang dianggap perlu dibahas dalam RAKERNAS.
Dari keputusan RAKERNAS ini telah diputuskan beberapa program kerja untuk tahun 2015 yang harus dilaksanakan oleh Pimpinan Pusat (PIMPUS) FSP2KI. Selain dari itu dalam RAKERNAS ini juga dilakukan evaluasi dan pembahasan mengenai kinerja Konfederasi Serikat Nasional (KSN) selama tiga tahun terakhir. Mengenai keanggotaan FSP2KI di KSN, maka dari hasil pembahasan peserta RAKERNAS diputuskan FSP2KI keluar dari KSN. Untuk masalah afiliasi FSP2KI ditingkat nasional, maka Pimpinan Pusat masih menjajaki beberapa konfederasi.

Pada RAKERNAS kali ini, dibahas juga mengenai Kongres FSP2KI Ke IV. Dari hasil RAKERNAS diputuskan Kongres Ke IV FSP2KI akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2015 dan menunjuk Serikat Pekerja Kertas Pindo Deli (SPKPD) dan Serikat Pekerja Kimberlyclark Indonesia sebagai Organizing Committe (OC) atau Panitia Pelaksana Kongres FSP2KI Ke IV. Rencananya Kongres FSP2KI yang ke IV akan dilaksanakan di Jawa Barat atau Jakarta…..(mip)