Rapat Anggota Pertama SP3-TEL – FSP2KI

Serikat Pekerja Perawatan dan Pelayanan-TEL (SP3-TEL) adalah salah satu Serikat Pekerja Anggota (SPA) Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (FSP2KI) yang ada di Sumatera Selatan. SP3-TEL beranggotakan para pekerja di PT.Truba Jaya Engineering, salah satu perusahaan pemborongan pekerjaan yang ada di PT.Tanjungenim Lestari. 

Rapat Anggota adalah salah satu kedaulatan tertinggi dalam organisasi buruh, karena anggota adalah pemilik organisasi. Begitu juga dengan Serikat Pekerja Perawatan dan Pelayanan-TEL (SP3-TEL). Pada 20 Desember 2014 yang baru saja berlalu, pengurus SP3-TEL priode 2012 – 2014 telah melaksanakan Rapat Anggota Kesatu, yang merupakan amanah dan mandat dari Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga SP3-TEL.
Rapat Anggota ini sendiri dilaksanakan di Sekretariat SP3-TEL, yang berada di Kampung 1 Desa Banuayu, Kecamatan Rambang Dangku Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan. Tempatnya, tidak begitu jauh dari kawasan industri PT.Tanjungenim Lesatri Pulp and Paper.
Peserta Rapat Anggota, adalah perwakilan seksi dan pengurus SP3-TEL priode 2012-2014. Pengurus yang hadirpun tetap mewakili anggotanya, karena merek juga dipilih oleh anggota sebagai perwakilan seksi. Selain dari perwakilan seksi,pengurus priode 2012-2014 mengundang beberapa serikat pekerja nggota Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (FSP2KI) yang ada di Sumatera Selatan sebagai peninjau.
Dari Serikat Pekerja PT.Tanjungenim Lestari (SPPT-TeL) dihadiri langsung oleh Noprizal, Dadag Pranolo dan Ferry (pengurus Bidang Hubungan Antar Lembaga). Selain dari SPPT-TeL hadir juga kawan-kawan pengurus Serikat Pekerja Security-PT.TEL (SPS-PT.TEL), yaitu Darwin dan Fatkurodji.

Adapun kegiatan acara yang dilaksanakan dalam rapat ini adalah; memilih Pimpinan Sidang Tetap, melakukan Pembahasan Tata Tertib, mendengarkan Laporan Pertanggung Pengurus 2012-2014,tanggapan Peserta atas Laporan Pertanggung Jawaban pengurus 2012-2014, pembahasan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, pemilihan Pengurus 2014-2017, untuk masa bakti tiga tahun dan terakhir adalah pelantikan pengurus 2014 – 2017 oleh Nelson F Saragih (Sekretaris Jenderal) FSP2KI.

Hasil dari pemungutan suara, maka untuk pengurus SP3-TEL 2014-2017, terpilihlah ; Ikhsan Prajarani (Ketua), Adri Susanto (Wakil Ketua), Didi Palepi (Sekretaris) dan Donsi Daita Persaidi (Bendahara).

Dalam Sambutannya Nelson menyampaikan bahwa rapat anggota adalah forum pengambilan keputusan tertinggi dalam organisasi buruh/pekerja. Selanjutnya Nelson juga sedikit bercerita mengenai perubahan kondisi yang diakukan SP3-TEL yang mana perubahan tersebut menjadikan kondisi kawan-kawan pekerja menjadi lebih baik dari sebelumnya. Nelson juga menyampaikan bahwa perbaikan yang dilakukan di bidang perburuhan adalah perbaikan di bidang kemanusiaan.

Sebagai Sekretaris Jenderal FSP2KI Nelson juga berharap dan mengajak kepada semua pemimpin serikat pekerja untuk saling mengundang dalam setiap kegiatan di serikat pekerja, karena dengan demikian akan semakin memperkuat rasa kebersamaan dan solidaritas di antara sesama pekerja……..(mip) 

Sumber : Website SP3-TEL