Rencana Pendidikan Fasilitator FSP2KI SUMSEL



Fasilitator adalah seseorang yang membantu sekelompok orang memahami tujuan bersama mereka dan membantu mereka membuat rencana guna mencapai tujuan tersebut tanpa mengambil posisi tertentu dalam diskusi. Seperti itulah definisi Fasilitator menurut wikipedia. Artinya dalam dunia pendidikan bagi serikat pekerja/serikat buruh, peran fasilitator sangat dibutuhkan dalam memberikan pembekalan kepada pengurus serikat.

Bertempat di Kantor Sekretariat Serikat Pekerja-PT.Tanjungenim Lestari (SPPT-TeL), pada hari Kamis 24 Juli 2014 yang lalu, beberapa kawan-kawan pengurus Serikat Pekerja Anggota (SPA) Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (FSP2KI) hadir memenuhi undangan Rapat Kordinasi FSP2KI wilayah Sumatera Selatan. Rapat ini dipimpin langsung oleh Nelson F Saragih, sebagai Sekretaris Jenderal FSP2KI yang kebetulan berdomisili di Sumatera Selatan.

Peserta rapat adalah pengurus Serikat Pekerja Anggota FSP2KI SUMSEL, yang terdiri dari Rusmalahati (SPS-PT.TEL), Heriyanto, Edwin Muhazir dan Merry Tony (SPPT-TEL) dan dari SP3-TEL dihadiri oleh Muhammad Ikhsan Prajarani, Didi Palepi dan Persi Hermolis. Rapat ini dilakukan di kantor sekretariat SPPT-TEL

Pokok bahasan dalam rapat adalah mempersiapkan rencana Pendidikan SPA FSP2KI SUMSEL. Rencananya materi yang akan diberikan adalah Pendidikan Fasilitator bagi Pemimpin SPA, khusunya pengurus bidang Pendidikan dan Pelatihan yang ada di SPA. Rencananya pendidikan ini akan dilaksanakan pada pertengahan bulan September 2014. Untuk tempat ada dua pilihan, Muara Enim atau Pagar Alam.


Diharapakan kawan-kawan pengurus SPA FSP2KI SUMSEL dapat mengutus Pengurus Bidang Pendidikan, Ketua, Sekretaris dan Pengurus lainnya.  Mudah-mudahan kawan-kawan FSP2KI yang ada di wilayah lainnya dapat melakukan agenda kegiatan pendidikan seperti ini, tentunya dengan topik pendidikan sesuai kebutuhan SPA di masing-masing wilayah…(mip)