Rencana Pendidkan Advokasi


Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (FSP2KI) adalah salah satu bentuk organisasi yang terdiri dari beberapa serikat pekerja sektor industri pulp kertas. Selain dari serikat pekerja di perusahaan pulp dan kertas FSP2KI juga beranggotakan serikat pekerja di perusahaan yang mendukung sektor pulp dan kertas,seperti kehutanan,packaging dan juga perusahaan kontraktor pendukung dalam lingkup industri pulp kertas.FSP2KI beranggotakan sekitar 18.000 pekerja yang tersebar di Jawa Barat,Sumatera Selatan,Pekan Baru,Jambi,Jawa Timur dan Kalimantan.
Tanggal 24-25 Agustus 2013 nanti FSP2KI akan menyelenggarakan Pendidikan Advokasi untuk pengurus serikat pekerja anggota FSP2KI. Pendidikan Advokasi ini akan berlangsung selama dua hari,yaitu pada hari Sabtu dan Minggu.Rencananya pendidkan advokasi ini akan dilaksanakan dalam tiga angkatan dan untuk bulan Agustus ini adalah pendidkan advokasi angkatan pertama.
Sebagai penyelenggara pendidkan advokasi ini adalah Bidang Pendidikan FSP2KI dan FSP2KI Kordinator Wilayah Jawa Barat,bekerja sama dengan beberapa serikat pekerja lainnya yang ada Karawang. Sebagai narasumber dalam pendidikan ini adalah Lembaga Bantuan Hukum Jakarta (LBH Jakarta) dan Lembaga Informasi Perburuhan Sedane (LIPS).
Peserta pelatihan ini terdiri dari Serikat Pekerja Anggota (SPA) FSP2KI yang ada diwilayah Jawa Barat yang terdiri dari Serikat Pekerja Kertas Pindo Deli (SPKPD),Serikat Pekerja Kimber Clark Indonesia (SPKCI) dan Serikat Pekerja Esa Kertas Nusantara (SPEKN),selain dari SPA FSP2KI yang ada di Jawa Barat, ada beberapa peserta diluar FSP2KI. Rencananya panitia akan menggunakan salah satu ruang pertemuan di kantor Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Karawang.
Sedikit kilas balik mengenai latar belakang pendidikan advokasi ini,sekitar bulan Juli 2013 FSP2KI melakukan kordinasi dan diskusi dengan beberapa serikat pekerja diluar anggota FSP2KI. Dalam diksusi lintas serikat tersebut,diputuskan untuk membentuk suatu Komite Pendidikan yang bertujuan untuk menyelenggarakan pendidikan bagi pengurus serikat pekerja secara bersama-sama. Komite Pendidikan ini akan menjadi kepanitian bersama dalam setiap pendidikan dan pelatihan pengurus serikat pekerja yang tergabung dalam Komite Pendidikan tersebut.
Pada dasarnya pendidikan serikat pekerja adalah pusat kebutuhan organisasi dan berperan sangat penting dalam pembangunan kapasitas organisasi. Organisasi dapat dibangun dengan kuat ketika kualitas para anggota dan pemimpinnya adalah setara dalam pengetahuan dan ketrampilan.

Sedangkan Advokasi merupakan suatu aksi atau tindakan untuk memperjuangkan kepentingan sekelompok masyarakat,komunitas,pekerja dan banyak lagi.

Oleh sebab itu,pendidikan advokasi ini merupakan salah satu agenda kegiatan yang ada dalam program kerja FSP2KI. Kegiatan seperti ini harus terus dilakukan secara berkesinambungan dan terus menerus. Pendidikan yang dilakukan secara berkala dan terus menerus pasti akan menghasilkan suatu manfaat yang baik bagi serikat pekerja. Selain dari pada itu,mengingat kondisi ketenagakerjaan yang tidak menentu yang berkaitan dengan beberapa kebijakan pemerintah,perlu bagi FSP2KI untuk mempersiapkan langkah untuk menyikapi kondisi tersebut, baik untuk masa kini maupun masa yang akan datang..(MIP)