Semangat Yang Tak Pernah Padam

Aksi SPKPD di depan DISNAKER Karawang (05/03/2014)
Para pekerja yang tergabung di dalam Serikat Pekerja Kertas Pindo Deli (SPKPD) pada 27 Februari 2014 melakukan aksi Mogok Kerja, sebagai akibat dari gagalnya perundingan yang telah dilakukan.Rangkain proses dari aksi ini memakan waktu yang panjang,karena aksi ini sendiri akan dilakukan selama satu bulan. 

Pada 2 Maret 2014 yang lalu beberapa Pimpinan Pusat Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (PIMPUS FSP2KI), yang terdiri dari ; Hamdani, Sumanto, Nelson F Saragih, Sunan Tumenggung, Djodi Soegiharto dan Ikhsan Prajarani, mengunjungi kawan-kawan SPKPD di Kantor Sekretariat FSP2KI di Karawang. Selain rombongan PIMPUS FSP2KI, turut serta dalam kunjungan ini beberapa pengurus Serikat Pekerja Anggota FSP2KI (SPA FSP2KI) dan Kordinator Wikayah FSP2KI yang datang dari Sumatera Selatan, Jawa Timur, Bekasi dan Pekanbaru-Riau,serta Presiden Konfederasi Serikat Nasional (KSN) Ahmad Daryoko, turut serta bersama-sama memberikan dukungan kepada kawan-kawan SPKPD.

Pada keesokan harinya, yaitu tanggal 3 Maret 2014, pengurus SPKPD memenuhi undangan perundingan triprtite dari Dinas Tenaga Kerja (DISNAKER) Karawang, tetapi belum ada kesepakatan yang dicapai dalam pertemuan tersebut. Sehingga pada 5 Maret 2014, kawan-kawan SPKPD melakukan Aksi Unjuk Rasa ke DPRD Karawang dan Kantor DISNAKER Karawang. 
Tujuaan dari aksi ini adalah untuk meminta pihak pemerintah dan DPRD karawang untuk dapat membantu meyelesaikan masalah perselisihan upah dan sekaligus adanya intimidasi yang dilakukan oleh manajemen Pindo Deli. Bahkan rencana mediasi tripartite yang akan dilakukan DISNAKER gagal, karena pihak Manajemen Pindo Deli tidak hadir memenuhi undangan tersebut (5/03/2014)
FSP2KI juga telah membuat petisi online dan meminta dukungan jaringan serikat buruh/serikat pekerja nasional dan internasional. Bagi yang ingin berpartisipasi memberikan dukungan kepada SPKPD silahkan buka tautan ini Wujudkan Sistem Pengupahan yang Adil – Realizing Fair Wage System