• Home »
  • Diskusi »
  • Seminar Nasional FSP2KI : Prospek Industri Pulp Kertas dan Tantangan Gerakan Buruh

Seminar Nasional FSP2KI : Prospek Industri Pulp Kertas dan Tantangan Gerakan Buruh



Pada 17 April 2015 yang lalu, sebelum dilaksanakan Kongres Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (FSP2KI) yang ke IV, terlebih dahulu FSP2KI melaksanakan kegiatan Seminar Nasional. Dalam kegiatan seminar ini, selain para pemimpin serikat pekerja anggota FSP2KI, hadir juga pihak perwakilan perusahaan sebagai tamu undangan. Kegiatan ini diselenggarakan di Padepokan Pencak Silat Indonesia yang berada dikawasan Taman Mini Indonesia Indah.


Kegiatan ini dilaksanakan, dalam rangka Kongres Ke IV FSP2KI. Pada sesi pertama seminar, Misbahul Huda, selaku Ketua Umum Asosiasi Pulp dan Kertas Indonesia (APKI) dan Eko Budianto dari Dewan Pimpinan Nasional Asosiasi Pengusaha (DPN APINDO) menyampaikan presentasinya mengenai prospek industri pulp dan kertas kini dan mendatang. Setelah rehat sekitar 15 menit, Hamdani (Presiden FSP2KI) dan Muhammad Rusdi, sebagai Sekretaris Jenderal Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), menyampaikan presentasinya mengenai Tantangan Gerakan Buruh Indonesia kini dan mendatang.

Seharusnya pada kegiatan seminar ini, untuk sesi ketiga diberikan waktu bagi Kementrian Tenaga Kerja untuk menyampaikan materinya, tetapi sayangnya dari Kementrian Tenaga Kerja yang merupakan unsur pemerintah tidak hadir.

Dari seminar ini, setidaknya para peserta Kongres Ke IV FSP2KI dapat mengetahui seperti apa kondisi terkini industri pulp dan kertas dan Tantangan Gerakan Buruh Indonesia dimasa kini dan masa yang akan datang. Setidaknya Pimpinan Pusat FSP2KI ke depan sudah dapat menetukan arah dan kebijakan organisasi, demi untuk terwujudnya ; Upah Layak Sektor Pulp dan Kertas, Perlindungan Bagi Precarious Work, dan Kebijakan Industri yang Berkelanjutan…(mip_2015)