Serikat Pekerja dan Tempat Kerja Kita



Nelson F. Saragih, Sekretaris Jenderal (Sekjend) Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (FSP2KI) menyatakan bahwa Serikat adalah alat bagi pekerja untuk mengadakan perbaikan di tempat kerja kita. Ada banyak alat mungkin, tetapi serikatlah yang palimg tepat. Sebuah serikat, akan menjadi kuat ketika mampu menggerakan semua potensi yang ada di tempat kerjanya untuk bersama-sama dalam meningkatkan partisipasi anggota. Untuk itu, dibutuhkan satu mekanisme yang akan punya akses mudah menuju organisasi.


Selanjut, Nelson juga menggambarkan bahwa ada sekitar 93 perusahaan sektor pulp dan kertas yang tersebar di berbagai  wilayah di Indonesia, dan itu merupakan potensi besar bagi FSP2KI untuk melakukan perluasan keanggotaan. Sementara di sisi lain, sebagai Federasi Nasional, FSP2KI juga menghadapi tantangan internal , untuk itu   upaya perluasan juga harus dibarengi dengan penguatan organisasi.


Tahun 2015, FSP2KI memproyeksikan rekrutmen sebanyak mungkin anggota, agar representasi sebagai federasi sektoral pulp dan kertas dapat diwujudkan, terutama ketika dikaitkan dengan peran dan fungsinya bagi anggota untuk ikut terlibat dalam perubahan regulasi yang lebih baik.