SP PTSI Melakukan Kesepakatan dengan Manajemen


M.Daud sedang melakukan Penandatanganan PKB

Perjanjian kerja bersama adalah perjanjian yang merupakan hasil perundingan antara serikat pekerja/serikat buruh atau beberapa serikat pekerja/serikat buruh yang tercatat pada instansi yang bertanggung jawab di bidang ketenagakerjaan dengan pengusaha, atau beberapa pengusaha atau perkumpulan pengusaha yang memuat syarat syarat kerja, hak dan kewajiban kedua belah pihak (Pasal 1 ayat (21) Undang-undang nomor 13 tahun 2003).

Pada 13 Januari 2013 yang lalu,kawan-kawan Serikat Pekerja Pectech Service Indonesia (SP PTSI) yang berada di Pekanbaru-Riau telah melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) dengan manajemen PT.Pectech Service Indonesia. Tempat penandatanganan sendiri dilakukan di Hotel Unigraha, yang berada di Pangkalan Kerinci-Pekanbaru Riau. Dalam penandatanganan ini dihadiri oleh ; DISNAKERTRANS Pelalawan,Manajemen PT.Pectech Service Indonesia, Pimpinan Pusat FSP2KI (Presiden dan Bendahara) dan semua Pimpinan Serikat Pekerja/Serikat Buruh Riau.

Menurut informasi yang diperoleh via Handphone dari Ketua SP-PTSI (M.Daud) bahwa waktu perundingan PKB memakan waktu satu bulan dan dilakukan dalam dua tahap,pada dua tempat yang berbeda. Perlu disampaikan juga bahwa PKB ini merupakan PKB yang kedua, dan dari segi isinya menurut M.Daud ada beberapa perubahan dari PKB sebelumnya. Terutama peningkatan tunjangan perumahan yang bersifat tetap.

Mengapa perlu dilakukan penyusunan PKB ? Dalam menciptakan hubungan Industrial yang harmonis,dinamis dan berkeadilan,perlu bagi kedua belah pihak yang terkait dalam status hubungan kerja (pekerja dan pengusaha) untuk mempertegas dan memperjelas hak – hak dan kewajiban pekeja dan pengusaha. selain dari itu PKB juag menpunyai manfaat yang baik bagi kedua belah pihak di dalam menciptakan hubungan industrial yang harmonis,dinamis dan berkeadilan. Baik pekerja maupun pengusaha akan lebih memahami tentang hak dan kewajiban masing – masing

Oleh sebab itu penting bagi serikat pekerja/serikat buruh untuk dapat segera melakukan perundingan PKB. Selamat kepada seluruh pengurus dan anggota SP PTSI yang telah melakukan penandatanganan PKB pada tahun 2014 ini…(mip)