SP. TUKS AKAN MENGGUNAKAN HAK DASARNYA


Serikat Pekerja Transpor Untuk Kepentingan Sendiri ( SP.TUKS ) akan melakukan menggunakan hak Dasarnya pada 26 s/d 29 jan 2017 di PT. Kaliguma Transindo ( PT. KG), karena tidak adanya kesepakatan dalam perundingan upah atau perundingan mengalami jalan buntu ( Deat lock).

IMG-20170118-WA0011
Tiga kali sudah SP Tuks dengan PT. KG melakukan bipartite upah masih belum juga mendapatkan kesepakatan, merujuk pada UU 13/2003 Pasal 137 Mogok kerja sebagai hak dasar pekerja/buruh dan serikat pekerja/serikat buruh dilakukan secara sah, tertib, dan damai sebagai akibat gagalnya perundingan. Hal ini terpaksa dilakukan untuk upaya penekanan pada pihak perusahaan.
Bipartit pertama dilakukan 9 Des 2015, dilanjutkan dengan bipartite ke dua, 19 Des 2016 dan bipartit ke tiga, 13 Jan 2016. Di antara bipartite tersebutpun masih di lakukan dialog agar kesepakatan dapat tercapai namun, perwakilan Management P. KT di gudang Pulp Tarahan, Lampung tidak dapat memutuskan.
Akibat telah dilayangkannya surat pemberitahuan Mogok Kerja pada 17 Jan 2016 oleh SP. Tuks maka Rabu 18 Jan 2016 menejement PT. KT dari pusat ( Jakarta) turun untuk mengadakan dialog, namun itupun belum mendapatkan kata sepakat.
Mengapa buruh SP.Tuks sampai mengabil langkah Mogok Kerja ? buruh SP Tuk yang rata – rata telah bekerja selama 10 tahun baru sekali mendapatkan kenaikan upah di atas UMK Bandar Lampung, hal tersebut sangat tidak wajar, apa yang menjadi tuntutan SP. TUKS sangat normatif.
Berlawanlah sehebat – hebatnya kawan? tuntut yang memang hak mu, buruh lain akan ikut bersolidaritas mendukung perjuanganmu.