SP3-TEL dan Site Manajemen PT.TJE Belajar Bersama Proses PKB


Semangat belajar untuk menambah wawasan dan pengetahuan bagi pengurus Serikat Pekerja Perawatan dan Pelayanan-TEL (SP3-TEL) adalah kebutuhan bagi organisasi. Pendidikan bagi pengurus adalah mutlak untuk terus dilakukan. Seperti pada 30 September 2014 yang lalu, kawan-kawan pengurus SP3-TEL mengikuti pelatihan Tata Cara Pembentukan Perjanjian Kerja Bersama (PKB)

Pelatihan ini dilaksanakan di Hotel Sout Sumatera yang ada di Prabumulih. Pelatihan ini diselenggarakan oleh site manajemen PT. Truba Jaya Engineering (T.7163), peserta pelatihan ini adalah kedua tim perunding PKB dari pihak SP3-TEL dan tim perunding site manajemen PT.Truba Jaya Engineering (PT.TJE).

Sebagai narasumber pelatihan ini, pihak perusahaan mengundang Jhon W Daniel Saragih, Kasubdit PP dan PKB Direktorat PKKAD Dirjend PHI dan Jamsos dari kantor Kementrian Tenaga Kerja Republik Indonesia.

Dari pelatihan ini juga pengurus SP3-TEL mengetahui, bahwa PT.TJE juga telah memiliki serikat pekerja yang ada di kantor pusat Jakarta. Selain dari itu dikantor pusat Jakarta juga telah terbentuk PKB antara serikat pekerja PT.TJE di Jakarta dan manajamen PT.TJE kantor pusat. Sedangkan untuk di propinsi Sumatera Selatan PT.TJE (site manajemen) juga memiliki serikat pekerja untuk project PT.Tanjungenim Lestari Pulp and Paper.

Oleh sebab itu, menurut Jhon W Daniel Saragih menyampaikan kepada semua peserta pelatihan, agar segera membentuk PKB Induk, karena kedua serikat pekerja ini berada di satu badan hukum. Oleh sebab itu perlu dilakukan konsolidasi antara serikat pekerja yang ada di Jakarta dan serikat pekerja yang ada di Sumatera Selatan untuk dapat berkomunikasi.

Dari komunikasi dan pertemuan diharapakan ada persamaan pandangan untuk membentuk merumuskan PKB induk, kemudian kedua serikat pekerja ini dapat membentuk PKB turunan yang disesuaikan dengan kondisi dimasing-masing tempat/wilayah…(mip)