SPKCI Memperjuangkan Pekerja PKWT Menjadi PKWTT

Disksui Pengurus SPKCI bersama-sama PIMPUS FSP2KI
Serikat Pekerja Kimberly Clark Indonesia (SPKCI) adalah salah satu anggota FSP2KI (Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia) yang ada di Bekasi. Anggota SPKCI adalah para pekerja di PT.Kimberly Clark Indonesia (PT.KCI), baik yang berstatus tetap maupun pekerja yang masih berstatus tidak tetap atau Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT).

Saat ini kawan-kawan SPKCI sedang memperjuangkan status hubungan kerja 230 pekerja yang masih berstatus PKWT untuk menjadi PKWTT (Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu). Dari Nota Pengawasan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi tertanggal 12 Juli 2013, tentang penyelewengan pelaksanaan PKWT yang dilakukan oleh PT.Kimberly Clark Indonesia. Atas dasar Nota Pengawasan tersebut pengurus SPKCI menghimbau PT.KCI untuk melaksanakan ketentuan yang berlaku, sesuai dengan Pasal 59 Undang-undang Nomor 13 tahun 2003.
Proses perundingan antara SPKCI dengan pihak manajemen KCI sudah dilakukan beberapa kali. Dari hasil perundingan bipartite yang sudah dilakukan, belum tercapai kesepakatan. Bahkan perundingan sudah berlanjut ke tingkat tripatite. 
Informasi yang kami diterima dari pengurus SPKCI pada 15 April 2014 telah dilakukan perundingan tripartite yang pertama. Hasil perundingan ini kedua belah pihak belum menemukan kesepakatan. Pihak perusahaan tetap tidak mau merubah status pekerja PKWT menjadi PKWTT. Bahkan manajemen KCI juga telah melakukan Pemutusan Hubungan Kerja terhadap 21 pekerja yang berstatus PKWT tersebut..(mip)