SPKPD Mogok Kerja 1 Bulan


Sumber Foto : Facebook

Akibat dari gagalnya perundingan Upah Minimum Kelompok Usaha (UMKU) antara Serikat Pekerja Kertas Pindo Deli (SPKPD) Karawang dan Manajemen Pindo Deli, maka SPKPD pada 27 Februari 2014 sampai dengan 28 Maret 2014 akan melakukan Aksi Mogok Kerja. Bahkan Surat Pemberitahuan Mogok pun sudah dilayangkan ke beberapa pihak terkait.

Dari Perundingan Bipartite itu sendiri sudah dilakukan sejak tanggal 24 Desember 2013 sampai dengan 11 Februari 2014 (sebanyak empat kali perundingan). Bahkan surat permohonan untuk perundingan ini pun sudah dilayangkan sejak 26 November 2013.
Mogok kerja ini akan dilakukan di dalam kawasan industri Kertas Pindo Deli yang berada di Karawang. Sampai saat ini belum ada upaya dari pihak Manajemen Pindo Deli Untuk merubah sikap mereka. Menurut penuturan dari salah satu pengurus SPKPD melalui email, bahwa konsep upah yang diajukan Manajemen Pindo Deli, dinilai sangat merugikan pekerja.

SPKPD adalah salah satu Serikat Pekerja Anggota FSP2KI (Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia) yang ada di dalam Kordinasi Wilayah FSP2KI Jawa Barat. FSP2KI sendiri telah mengirimkan Surat Protes Ke Manajemen Pindo Deli, bahkan FSP2KI menghimbau kepada seluruh serikat pekerja anggota FSP2KI untuk mengirimkan surat protes yang sama kepada manajemen Pindo Deli..(mip)