SPPT-TEL Kupas Tuntas BPJS Kesehatan

 

 

Seminar “Kupas Tuntas BPJS Kesehatan” SPPT-TeL (22/05/20140

BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan)merupakan Badan Usaha Milik Negara yang ditugaskan khusus oleh pemerintah untuk menyelenggarakan jaminan pemeliharaan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia. Setiap warga negara Indonesia dan warga asing yang sudah berdiam di Indonesia selama minimal enam bulan wajib menjadi anggota BPJS. Ini sesuai pasal 14 Undang-undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

Berkaitan dengan BPJS Kesehatan ini, maka pada 22 Mei 2014 Serikat Pekerja PT.Tanjungenim Lestari (SPPT-TeL) yang ada di Sumatera Selatan mengadakan seminar yang bertemakan “Kupas Tuntas BPJS Kesehatan Tanpa Mengurangi Fasilitas Kesehatan dan Kesejahteraan Pekerja”  Kegiatan ini diselenggarakan oleh SPPT-TeL masih dalam rangkaian dari perayaan peringatan Hari Buruh” yang jatuh pada 1 Mei 2014 yang lalu. 
Seminar ini diadakan bertempat di Graha Medang PT.Tanjungenim Lestari Pulp and Paper (PT.TeL PP) yang berada di Kecamatan Rambang Dangku Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan. Peserta seminar umumnya adalah pengurus dan perwakilan seksi SPPT-TeL. Selain dari pengurus dan perwakilan seksi dari SPPT-TEL, pihak panitia mengundang beberapa pengurus Serikat Pekerja (SP) dan perwakilan perusahaan kontraktor yang ada di seputaran PT.Tanjungenim Lestari (PT.TeL). Adapun undangan yang hadir tersebut terdiri dari Serikat Pekerja Perawatan dan Pelayanan-TeL (SP3-TeL) dan site manajemen PT.Truba Jaya Engineering, Serikat Pekerja Security-PT.TeL (SPS-PT.TeL) dan manajemen PT.Recon Security Service. 
 
Sebagai narasumber/pemateri dalam seminar ini, panitia mengundang PT. Asuransi Jiwa InHealth kantor pemasaran Palembang, sebagai salah satu perusahaan asuransi kesehatan yang mempunyai kerja sama COB (Coordination of Benefit atau dalam bahasa Indonesia Kordinasi Manfaat) dengan BPJS Kesehatan. Selain itu pihak panitia menghadirkan juga pihak BPJS Kesehatan Regional III (Sumatera Selatan, Bangka-Belitung,Bengkulu dan Lampung). COB atau Koordinasi manfaat merupakan kerjasama antara perusahaan asuransi swasta dan BPJS Kesehatan. COB digunakan bagi peserta BPJS Kesehatan yang menginginkan penambahan fasilitas lebih dari pelayanan kesehatan BPJS.
“BPJS Kesehatan hanya dapat menjamin pelayanan kesehatan yang masih bersifat standart” seperti disampaikan oleh Widianti Utami dari Departemen Pemasaran dan Kepesertaan BPJS Kesehatan Regional III.
“BPJS ini menjadi suatu hal yang wajib bagi setiap warga negara untuk menjadi pesertanya, mudah-mudahan InHealth dapat menjembatani kekurangan yang ada di BPJS Kesehatan” hal itu disampaikan oleh Ashal, sebagai Ketua SPPT-TeL dalam sambutannya saat pembukaan acara seminar ini. 
Ashal juga dengan tegas menghimbau kepada pihak perusahaan untuk tidak mengurangi fasilitas kesehatan yang telah diterima pekerja selama ini,sesuai dengan yang tercantum dalam Perjanjian Kerja Bersama (PKB). Ashal juga mengajak semua peserta untuk memanfaatkan kegiatan seminar ini dengan sebaik-baiknya dan memanfaatkan seminar ini dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada narasumber yang hadir dan memang mempunyai kapasitas untuk menjelaskan.
Hadir juga dalam seminar ini Ardian Sartikon (Manajer HRD) sebagai perwakilan manajemen PT.TeL dan sekaligus membuka seminar ini. Dalam sambutanya Ardian Sartikon menyampaikan bahwa “BPJS Kesehatan adalah wajib hukumnya dan jika dilanggar maka ada sanksi bagi yang melanggarnya tetapi pihak perusahaan juga tidak akan mengurangi fasilitas kesehatan yang sudah tercantum dalam Perjanjian Kerja Bersama (PKB)”