SUKSES RAKERNAS FSP2KI 2019

Peserta Rakernas FSP2KI/2019

Media FSP2KI- Sukses Rapat Kerja Tahunan Nasional (Rakernas) 2019 / FSP2KI, Agenda yang dilangsungkan di Pekan Baru/Riau pada Sabtu-Minggu, 7-8 Desember 2019, bertempat di Hotel Ameera Pekan Baru. Dalam KONGRES Ke-V FSP2KI yang berlangsung di Jakarta pada tanggal (29-30/12/2019), Rakernas dilangsungkan dan memastikan program-program yang digagas dalam Kongres dapat di pastikan sudah dilaksanakan pada Rakernas. Rakernas dihadiri oleh Pimpinan Pusat FSP2KI dan perwakilan (delegasi) Serikat Pekerja Anggota (SPA) , hadir juga perwakilan delegasi Konfederasi Persatuan Buruh Indonesi (KPBI),APINDO dan Peninjau dari Serikat Pekerja OKI PULP.

Dalam sambutan pembukanya Hi.Hamdani selaku Presiden FSP2KI,”mengucapkan terima kasih kepada semua pihak khususnya jajaran Pimpinan Pusat yang telah dapat melaksanankan agenda Rakernas ini, beliau juga menegaskan FSP2KI,harus sudah mampu menghadapi terkait revolusi industri 4.0 dan sudah mulai mempersiapkan anggotanya untuk dapat bersaing dikancah internasional khusunya dalam hal teknologi,selain itu beliau juga menyampaikan kedepan Pimpus FSP2KI harus dapat membuat agenda sosial dialog dengan cara berkunjung keperusahaan-perusahaan guna mengetahui persoalan-persoalan apa saja yang terjadi di tempat SPA/FSP2KI bekerja.

Mengambil tema ” Perkuat Organisasi dengan pendidikan dan kemandirian finansial” Rakernas FSP2KI 2019 dibuka langsung oleh Damar Panca selaku Sekertaris Jendral (SEKJEND) KPBI, selanjutnya beliau langsung memberikan materi terkait hasil survei politik buruh, yang sudah dilakukan oleh KPBI diberbagai provinsi pada bulan Agustus 2019 yang lalu, dimana dari hasil survei, “KPBI masih harus terus memperbanyak konsolidasi dan memperkuat akar rumput, jika ingin mebuat partai alternatif , sebagai alat untuk mewakili sepenuhnya aspirasi buruh.

Ada berbagai hal yang dibahas pada Rakernas diantaranya masih terkait kedisiplinan membayar iuran dimasin-masing SPA dan kedepan akan terus diperbaiki menjadi lebih baik. Agenda pendidikan menjadi pembahasan yang sangat seriuas karena kali ini terkait pendidikan masing masing Kordinator Wilayah (KORWIL) harus dapat menyelenggarakan pendidikan dengan mandiri dengan pendanaan sebesar 15% yang dikembalikan dari pusat selama tri wulan. kenapa harus mandiri, karena dana itu dirasa sangat minim jika harus mengadakan pendidikan.Laporan masing masing bidang disampaikan oleh SEKJEND FSP2KI (M.Fathurozi) yang kemudian ditambahkan oleh masing-masing bidang. Rakernas berlangsung hingga pukul 22:00 WIB yang kemudian ditutup langsung oleh Hi.Hamdani.

Pimpus FSP2KI (2019-2023)

Setelah Rakernas diselaikan dalam satu hari dengan waktu yang panjang, hari ini(8/12/19) dilanjutkan dengan Rapat Pimpinan Pusat RAPIMPUS). Semua persoalan yang diusulkan dan dibahas dalam Rakernas harus diputuskan dalam RAPIMPUS . ada berbagai hal yang telah disepakati diantaranya : Dana Korwil dikembalikan 15% setiap triwulan dari iuran (dengan cataatn setiap SPA harus tepat waktu dalam membayar iuran). Pendidikan dimatangkan dalam skedul dan siap dilaksanakan oleh masing-masing Korwil dan Bidang. Ada yang alot dalam mengambil keputusan namun akhirnya disepakati yaitu terkait perekrutan anggota baru diluar sektor Pulp dan Kertas dimana hal tersebut tidak tercantum didalam AD/ART FSP2KI Hasil Kongres.

Dengan disepakatinya rekrutmen anggota baru FSP2KI dari berbagai sektor, yang kemudian akan dicatatkan di KONGRES VI FSP2KI, masing-masing Korwil siap dengan targetan untuk merekrut anggota baru, dan kemudian bidang media akan membuat pamlet, poster dll untuk mengajak orang mendirikan Serikat ditempat kerjanya dan kemudian diajak bergabung menjadi anggota FSP2KI. ini luar biasa dan mudah-mudahan semua yang menjadi targetan terpenuhi. Dengan berakhirnya Rakernas yang kemudian dilanjutkan dengan Rapimpus maka selesailah agenda besar ini, terima kasih semua atas partisipasinya.