Surat Protes IndustriALL Global Union Kepada SBY


Kecaman IndustriALL Global Union pada Pemerintah Indonesia untuk Hentikan Kekerasan pada saat aksi Pekerja di Bekasi.

Bapak Susilo Bambang Yudhoyono
Presiden Republik Indonesia

Melalui email :

 

Dear Mr Presiden Yudhoyono ,
Saya menulis kepada Anda atas nama IndustriALL global Union mewakili lebih dari 50 juta
pekerja di industri pertambangan, energi dan manufaktur di 140 negara di seluruh
dunia.Serikat pekerja global kami bangga memiliki afiliasi yang kuat di Indonesia,yang memainkan peran aktif dan konstruktif dalam membantu untuk membawa perubahan sosial untuk meningkatkan perlindungan sosial,mencapai upah yang lebih tinggi,dan perjuangan melawan kondisi kerja yang berbahaya,termasuk outsourcing.

IndustriALL global Uni mengutuk kekerasan terhadap damai mencolok pekerja di Bekasi selama pemogokan nasional. Lebih dari 18 pekerja terluka,dan setidaknya tiga itu masih tetap berada di rumah sakit. Menurut laporan,polisi tidak melindungi pekerja selama serangan. Kami menemukan ini tindak kekerasan terhadap pekerja,yang memiliki hak sah untuk menunjukkan dan menuntut perbaikan kondisi kerja mereka,tidak dapat diterima dan melanggar hukum nasional dan standar perburuhan inti internasional. Anda sebagai Pemerintah memiliki kewajiban untuk menegakkannya.
Oleh karena itu, kami meminta Anda untuk melakukan intervensi segera untuk mengakhiri tindakan kekerasan apapun dan pelecehan terhadap pekerja dan pada saat yang sama,terlibat dalam dialog nasional yang sejati dengan serikat pekerja untuk mengatasi tuntutan sah mereka,yang antara lain, menyerukan munculnya upah minimum sehingga menjadi upah untuk hidup,menerapkan sistem asuransi kesehatan,berhenti kerja yang sulit outsourcing,dan memperkenalkan hukum untuk melindungi pekerja rumah tangga asal Indonesia .
Hormat kami ,

Jyrki Raina
Sekretaris Jenderal