Tantangan Kita Semakin Berat

 
 
Berlangsung di Hotel Santika TMII, pimpinan Federasi afiliasi IndustriAll hadir untuk melaksanakan Rapat Nasional, sebuah mekanisme yang tempuh untuk menyusun rencana strategis selama tahun 2015. Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh delegasi dari Serikat pekerja Metal Swedia (UNIONEN), Kantor Pusat Jenewa dan Regiaonal, Singapura.


Sjaiful DP, Ketua Council Indonesia memberikan awalan dengan menyampaikan peta kekuatan serikat pekerja secara Nasiaonal beserta tantangan yang dihadapi.

“Tantangtan kita semakin berat, sebab, konsolidasi pengusaha dan pemerintah semakin solid. Sementara Serikat Pekerja mengalami banyak gangguan dalam menjalankan aktivitasnya,” Jelas Sjaiful.

Lebih lanjut, Sjaiful menjelaskan statistik berkaitan dengan demografi, yakni dengan jumlah penduduk sebesar 240 juta dan 119 juta angkatan kerja, penyerapan angkatan kerja hanya 1,5 juta pertahun. Ini adalah masalah besar bagi kita semua, jelasnya. Terkait dengan Kondisi Serikat pekerja, Sjaiful menunjukkan data bahwa saat ini terdapat 8 konfederasi dan 92 Federasi secara Nasional, tetapi kondisinya masih terpecah dalam berbagai faksi.
Ini menjadi tantangan kita ke depan, sebab kita masih menghadapi masalah yang sama yaitu : upah, jaminan sosial, K3, sistem kerja kontrak-outsourcing dan tiadanya jaminan pensiun…..(khi)