TIORI MENULIS PEMULA

Bagaimana cara menulis yang baik dan benar ? jangan pikirkan bagaimana tiorinya, kalaulah menulis belum dilakukan sudah dibebani dengan tetek bengek tiorinya, tulisan yang akan kita buat dijamin tidak akan pernah selesai.
images
Menulis bisa di ibaratkan seperti belajar memanjat pohon, seorang anak kecil berusaha untuk meraih buah dari pohon tersebut, anak tersebut dengan rasa keinginan yang kuat  untuk menikmati buah tersebut akan berusaha sedapat mungkin untuk mendapatkannya, lalu ia memanjat pohon tersebut, ternyata  gagal. Dengan keinginan yang begitu kuat ia akan berusaha setelah kita gagal memanjat pohon itu, dengan  mengambil sebuah galah.
 
Ya, seperti itulah! Menulis itu sama dengan memanjat pohon , yang penting panjat dulu jangan mempelajari cara memanjat. Masalah teori, itu belakangan. Intinya, kita harus praktek yang banyak dan sering dulu. Bila sudah praktek dan ternyata gagal, baru pelajari teorinya.
Janganlah merasa terbeban dengan teori yang di dengar atau di baca. Kesampingkan teori itu, langsung praktek nulis. Bila mengingat terus teori itu, akan merasa terpenjara dan tidak bebas untuk menulis, akhirnya tidak jadi nulis. Anda perlu ingat, untuk menulis tuangkan dulu isi benak anda ke dalam banyak halaman,tentang apa yang akan ditulis, bila mentok, barulah anda tanyakan atau baca teorinya.

Ketika  sudah sering menulis maka dengan sendirinya kita menemukan tiori menulis itu sendiri. Kalaulah kita menguasai tiori menulis tetapi tidak pernah melatih /belajar menulis, maka sia – sialah tiori menulis yang kita pelajari tersebut. Ada juga orang berpendapat, orang yang mampu menulis itu sudah memiliki bakat, kalaupun orang yang mampu menulis merupakan bakat, bakat tersebut juga harus diuji/diasah dengan sesering mungkin menulis, bakat itu akan tampakmuncul adaikan kita telah menampilkan bakat itu sendiri.
 
Seberapa seringnya kita menulis, maka anda akan merasakan manfaat yang besar dari menulis. Dan untuk sampai kepada tingkat yang lebih mahir lagi dalam menulis. Anda harus berusaha lebih banyak lagi dan untuk itu anda harus terus mempraktekkannnya, menimal tulisan itu untuk komsusi pribadi.