Touring Anti Korupsi Keluarga Besar Buruh Kertas Karawang



Keluarga Besar Buruh Kertas Bersatu Karawang yang terdiri dari Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesi (FSP2KI), Serikat Pekerja Kertas Pindo Deli (SPK-PD), Serikat Buruh Kerakyatan (Serbuk) dan Forum Buruh Lintas Pabrik (FBLP) mengadakan touring menuju Curug Cipurut di Desa Wanayasa-Purwakarta, Minggu, 01 Maret 2015. Touring ini dilakukan untuk menjaga tali silahturahmi antar serikat buruh di Karawang dan juga untuk melakukan kegiatan Kampung Anti Korupsi untuk merespon kejadian yang akhir-akhir ini menggoyang proses pemberantasan korupsi di Indonesia. Hal tersebut dianggap penting oleh mereka mengingat secara tidak langsung perjuangan yang acap kali mereka lakukan juga merupakan perjuangan melawan perilaku korup dari pengusaha maupun Negara.

 

“Sebenarnya acara ini hanya acara silahturahmi biasa, piknik ke air terjun lalu arisan. Tapi kami menganggap jika hanya sekedar jalan-jalan dan arisan, apa bedanya kami dengan kelompok-kelompok pecinta sepeda motor yang sering touring, untuk itu kami memasukan agenda Kampung Anti Korupsi untuk dijadikan salah satu agenda dalam touring kali ini,” ungkap Roni Ketua Panitia kegiatan touring ini dari FSP2KI.
Hal yang berbeda juga tampak dalam diskusi terkait permasalahan korupsi yang menjadi materi utama dalam Kampung Anti Korupsi. Proses diskusi yang difasilitasi oleh Wirdan Fauzi dari LBH Jakarta ini dikemas dalam bentuk games yang membuat proses diskusi tampak cair. Semua peserta mengeluarkan pendapatnya terkait korupsi, mulai dari bentuk korupsi yang paling sederhana, hingga pertanyaan tentang kenapa KPK terkesan dilemahkan belakangan ini. Suasana sejuk khas pegunungan menambah antusias kawan-kawan buruh untuk bermain sambil berdiskusi.
“Luar biasa jika melihat semangat kawan-kawan buruh di sini, mereka masih mempunyai semangat untuk berdiskusi di tengah-tengah liburan seperti ini, contoh yang sangat baik untuk di contoh oleh kawan-kawan buruh lainnya,” jelas Wirdan Fauzi Pengacara Publik LBH Jakarta yang diminta hadir oleh panitia sebagai fasilitator dalam diskusi tentang korupsi ini.
Pada kesempatan kali ini Keluarga Besar Buruh Kertas Karawang juga mengundang Olive dari Perempuan Mahardika untuk berbagi pengetahuan tentang perempuan kepada para kawan-kawan buruh yang mengikuti touring ini.
Games anti korupsi tersebut juga menjadi acara penutup pada acara touring kali ini. Selanjutnya panitia memberikan kesempatan pada peserta touring untuk menikmati keindahan alam di sekitar Curug Cipurut.

Sumber : LBH Jakarta