Upah dan Perjuangan Upah


Pekanbaru,Riau – Sunan Tumenggung menyatakan bahwa upah buruh di Indonesia lebih murah ketimbang negara-negara tetangganya. Upah harian minimum di Indonesia berkisar 2,95USD – 5,38USD lebih kecil dari Filipina 9,72-10,60 USD, Malaysia 9,81 USD, Thailand 9,45 -10 USD. Hal itu disampaikannya dalam sesi pembuka pendidikan pengupahan yang diadakan Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (FSP2KI) baru-baru ini di Pekan Baru (26/10/2014)
Pendidikan Pengupahan, menjadi sebuah tema yang penting, terlebih dalam momentum akhir tahun ketika Dewan pengupahan dari berbagai kota sedang berjibaku menetapkan kenaikan upah, sementara serikat di pabrik, mempersiapkan agar kenaikan tersebut dapat diterapkan di perusahaannya berbarengan dengan index yang lainnya seperti inflasi, penilaian kinerja dan produktivitas.
Pendidikan yang berlangsung sehari tersebut, dihadiri tak kurang 50 peserta dari berbagai serikat pekerja anggota FSP2KI Kordinator Wilayah Riau. Sementara, para pemateri yang hadir antara lain Nelson F. Saragih (Sekretaris Jenderal FSP2KI) dan Imron Rorady (Kepala Bidang Pengawasan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Siak). Sementara, sharing pengalaman dengan Edy Sumardi (mantan Pengurus Serikat Pekerja Kertas Pindo Deli Karawang) menjadi sesi yang penting karena peserta dapat berbagi strategi.
Khamid Istakhori, dalam sesi akhir menyusun rencana tindak lanjut menegaskan bahwa perjuangan upah, hanya bisa dijalankan secara efektif ketika serikat buruh mempunyai kekuatan. Dan kekuatan itu, hanya bisa dibangun ketika seluruh komponen serikat bersatu dalam satu derap irama kerja. Hanya serikat yang kuat yang dapat meyakinkan anggota dan perusahaan. Caranya ?
Meyakinkan anggota adalah dengan konsolidasi, rapat rutin, kunjungan rutin dan belajar bersama. Sementara meyakinkan pengusaha “hanya” dapat dilakukan dengan menunjukkan kekuatan serikat kita dihadapan mereka. Kekuatan apa saja ? Kekuatan data, kekuatan pengurus, kekuatan jaringan, kekuatan federasi, kekuatan argumen.  Jadi, seberapa kuat serikat anda ? (khi)