UPGRADE KEMAMPUAN ANGGOTA DAN PENGURUS SERIKATMU

MEDIA FSP2KI –  Beberapa prinsip pembentukan organisasi Serikat Buruh terangkat dari Anggota, Anggaran Dasar dan Pengurus, menegaskan bahwa serikat buruh, adalah organisasi yang dibangun dari semangat kolektif  buruh, Serikat Buruh adalah lembaga sosial yang memiliki kepentingan besar untuk Anggota. Serikat Buruh digerakkan oleh kekuatan buruh dan ditujukan untuk kesejahteran kaum buruh. Untuk itulah, kenapa serikat buruh harus memiliki sebuah panduan dasar yang menggerakkan anggotanya untuk mewujudkan semangat dan cita-cita buruh yaitu kesejahteraan buruh dan anggota keluarganya.

Salah satu pokok prinsip bagi serikat buruh, adalah  iuran yang diharapkan mampu menggerakkan seluruh sendi organisasi, yang fungsinya semisal untuk rapat, pendidikan, diskusi, aksi bahkan sampai pemogokan. Tanpa iuran, serikat buruh ibarat tubuh yang hidup tanpa aliran darah, selain terlihat tidak segar, tentu saja perlahan akan mati.
Hal yang kedua yang menjadikan Serikat Buruh tersebut dapat kuat adalah Kepengurusan yang Solid, baik sesama pengurus maupun terhadap anggota. Jalinan Demokritisasi dan keterbuka antara Pengurus dan Anggota hal yang menjadi prinsip, nuansa keterbukaan harus dijalankan agar jangan ada saling curiga dalam mmenjalankan strukturnisasi organisasi.
Rapat  – rapat rutin juga harus dilakukan agar semua informasi cepat didapat dan bisa dapat terselesaikan. Tanpa rapat yang rutin maka akan terputus komuniksi yang seharusnya tidak terjadi sehingga akan merugikan organisasi.
Pendidikan juga menjadi hal yang sangat penting, seiring dengan perkembangan Hubungan Industrial semakin banyak juga hal – hal yang terjadi antara Pengusaha dan Pekerja. Untuk itu kemampuan pengurus harus terus di UpGrade agar mampu  menyelesaikan berbagai macam permasalahan. Tampa meningkatkam kemampuan Pengurus/Anggot maka akan sangat kesulitan bagi serikat untuk bertarung memenangkan persoalan, sebab  menejemen Perusahaan juga meningkatkan kemampuan orang-orangnya untuk dapat mejalankan agenda Pengusaha.