Yook Kita Berkampanye Online


Suasana Pelatihan Kampanye Online
Kampanye pada dasarnya adalah upaya mempengaruhi khalayak ramai agar berpihak kepada kita, sedangkan online bisa diartikan sebagai menggunaka internet.  Mengapa berkampanye?  Jawabnya adalah agar perjuangan serikat diketahui dan mendapat dukungan dari khalayak ramai baik dari anggota sendiri, serikat buruh lainnya maupun masyarakat.


Menggunakan fasilitas internet dalam berkampanye juga memberi banyak keuntungan, diantaranya :

  • Biaya relatif murah
  • Mudah dilakukan
  • Jangkauan pengaruh yang luas baik lokal, nasional bahkan global.
Sarana yang digunakan untuk berkampanye online juga sangat akrab dengan kita misalnya email dan media sosial. 

LabourStartsebagai media perburuhan untuk berita dan kampanye dapat menggalang dukungan ribuan orang dalam satu hari kampanynya.  Change.org menyediakan alat agar semua orang dapat membuat petisi (tuntutan) dan mengalang dukungan dari masyarakat, semua gratis.  

Sangat baik bila serikat mengembangkan pendekatan kampanye online dalam memperjuangkan hak-hak anggotanya dan untuk bersolidaritas dengan perjuangan serikat lain.  FSP2KI juga berupaya menggunakan pendekatan kampanye/petisi online ini.

Berikut ini tautan berisi materi pelatihan ketika SPPT TeL dan anggota FSP2KI Sumatera Selatan berlatih bersama tentang Media Kampanye Online Sebagai Sarana Perjuangan Serikat Pekerja.

(Nelson F. Saragih)